Merawat Pegas Bagasi Mobil

47

PINTU bagasi mobil merupakan salah satu bagian yang mungkin  jarang dibuka-tutup. Sebab, kita baru akan membuka-tutup bagasi mobil apabila kita membawa  barang atau mengangkut sesuatu yang berukuran besar.

Karena aktivitas buka-tutupnya tidak sesering pintu depan,  tidak sedikit  yang suka membanting pintu bagasi saat hendak menutupnya. Padahal jika hal itu sering dilakukan dapat menyebabkan sesuatu yang tidak mengenakan.

Akibat yang didapat jika kita sering membanting pintu bagasi mobil adalah pegas bagasi akan cepat melemah, sehingga usia pakainya  jadi lebih pendek. Jika sudah begitu,  tak ada pilihan lain selain mengganti pegasnya.

Sedikit penjelasan, seandainya pegas sudah lemah, begitu kita membuka pintu bagasi tidak akan menyangga seperti biasanya, sehingga kita harus menahannya dengan tangan agar pintu bagasi itu tetap dalam kondisi diam saat dibuka.

Biaya ganti pegas bagasi mobil juga tidak bisa dibilang murah. Sepasang pegas bagasi mobil berharga hingga jutaan rupiah. Jika mobil Anda adalah keluaran lama, maka harga pegasnya akan lebih mahal lagi,  disebabkan oleh faktor kelangkaan.

Jadi jika Anda ingin pegas bagasi mobil Anda tetap awet,  Anda tidak boleh membantingnya saat hendak menutupnya. Itu adalah satu-satunya cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat pegas bagasi mobil jadi tetap awet. (E-002/BBS)***