Trail Adventure Sindangkerta (TRAS), Jelajah Adventure “Puncak Karamat”

58

TRENserta kecenderungan kegiatan trail adventure terus meningkat. Event trail adventure offroad hampir setiap akhir pekan diselenggrakan, bahkan dua atau lebih kegiatan digelar secara serentak di tempat yang berbeda. Semangat untuk menggelorakan kegiatan offroad dilakukan warga Desa Cinta Karya Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat, dan disambut positif oleh Jajaran petinggi daerah untuk turut serta mempromosikan potensi wisata. Daerah ini merupakan suatu areal lokasi yang jauh dari keramaian tetapi memiliki keelokan panorama yang indah.

Segala potensi yang telah dimiliki, menjadi sebuah keyakinan untuk mengenalkan daerahnya melalui sebuah perhelatan otomotif. Untuk pertamakalinya, komunitas trail adventure bernama Trail Adventure Sindangkerta atau TRAS yang terbentuk pada 01 Januari 2017 di daerah Kabupaten Bandung Barat ini, mengemas sebuah kegiatan dalam ajang “Ulin Bareng Tras Jelajah Puncak karamat” dalam format one day trip Adventure offroad, yang dipusatkan di Lapangan Merah Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (4/8).

“Motor trail memang semakin digandrungi para pencinta otomotif roda dua, terutama di Kabupaten Bandung Barat. Fenomena tersebut menjadi latar belakang komunitas Tras untuk mengadakan ulin bareng. Selain memperkenalkan promosi wisata daerah, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan juga informasi keberadaan komunitas yang ada di daerah Bandung Barat. Trail Adventure Sindangkerta sendiri merupakan komunitas yang mewadahi pencinta motor trail diwilayah Kabupaten Bandung Barat dari berbagai kalangan. Kini Tras mempunyai jumlah members sebanyak 40 anggota,”ujar, Subhan, Ketua umum Trail Adventure Sindangkerta (TRAS)

Antusias pelaku offroad roda dua ini begitu tinggi. Para peserta terus berdatangan untuk mendaftarkan diri dan terlibat dalam ajang yang digelar oleh Tras. Rute One day trip fun Offroad roda dua yang dilalui peserta dimulai dari garis start Lapangan Merah Sindangkerta. Agar tidak terjadi penumpukan di jalur, peserta dibagi dan dilepas secara berurutan. Lintasan yang jadi trek kegiatan ini disesuaikan dengan kontur pegunungan yang ada di kabupaten Bandung Barat yang mempunyai karakter enduro cross. Mereka mencoba mengakomodasi semua kemampuan peserta dalam melahap setiap trek yang dilintasi.  Kondisi trek sepanjang 17 kilometer tersebut tak mengganggu penampilan 1000 offroader yang mengikuti kegiatan ini.

Para pelaku kegiatan ini terkesan menikmati tahapan trek yang ditempuh. Walaupun ada titik tahapan yang macet dengan karakter single trek yang licin serta tanjakan curam, tak mematahkan semangat para peserta untuk tetap berjelajah bersama. Ditengah perjalanan ada sesi trail game yang dikemas dengan berbagai rintangan yang cukup menguji adrenalin offroader yang ingin mencobanya di lapangan bola Demplot.

Selanjutnya, para offroader kembali meneruskan perjalanannya menuju Puncak Karamat. Dimana kawasan ini menyimpang pemandangan esotik yang sangat bagus untuk diabadikan dalam sebuah bidikan lensa kamera.

“Kota kecamatan Sindangkerta yang berjarak 25 Km dari kota Bandung ini, memiliki potensi daerah yang bisa dikembangkan menjadi kawasan tujuan wisata, serta memiliki karakter dan ciri-ciri yang ideal untuk adventure offroad roda dua. Tak terbantahkan Olahraga ini mampu membawa efek samping bagi sendi-sendi kehidupan masyarakat dari sisi ekonomi warga setempat, ketika berlangsung secara massal serta ditangani secara professional. Ulin Bareng ini akan menjadi agenda rutin tahunan,” Ujar, Shelly Dayantara, selaku event Organizer Shelly Jico Production.

Event berhadiah dua unit sepeda motor dan hadiah menarik ini, mengharuskan seluruh peserta menjajal seluruh trek sepanjang sirkuit yang telah dirancang serta ditentukan penyelenggaraan dengan ideal, yang tentunya aman serta tidak merusak lintasan yang dilalui.  Tak ada kendala yang dialami oleh seluruh peserta saat mengarungi perjalanan. Para peserta dipastikan tetap dalam keadaan aman, dan selamat. Seluruh peserta kegiatan Jelajah Puncak Karamat ini, berakhir kembali di lapangan Merah Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Setelah tiba dan berkumpul, seluruh offroader beristirahat sambil menikmati sajian hiburan musik, dan mengikuti pembagian hadiah doorprize. (E-002)***