Malam Langit Gelap, Warga Nonton Planet

18

Setelah menyaksikan fenomena langka gerhana bulan belum lama ini, kini warga di sumedang mendapat pemandangan langka kembali. di lapan sumedang, warga dapat menyaksikan planet-planet melalui teropong.

Kini, warga sumedang dapat kembali menyaksikan keindahan alam semesta, melalui momen malam langit gelap. pada malam langit gelap sekaligus hari keantariksaan ini, warga bisa menyaksikan benda antariksa di hamparan langit.

Untuk mengurangi polusi cahaya, setiap peringatan hari antariksa nasional, setiap tahun pada 6 agustus, lapan sumedang mematikan seluruh lampu di sekitar lapan.

Kampanye malam langit gelap merupakan inisiatif warga, supaya menjaga keindahan langit, dengan mengurangi polusi cahaya, dalam hal ini penggunaan lampu di sekitar kita.

Warga mengaku senang dapat menyaksikan galaksi bimasakti yang membentang diatas kepala, empat planet yang berjajar dari barat ke timur, yaitu venus, jupiter, saturnus dan mars, dengan menggunakan teropong yang disediakan lapan. selain itu warga dapat menyaksikan rasi bintang berformasi.

Agustus sangat potensial untuk mengamati langit cerah bertabur bintang, sebab indonesia memasuki musim kemarau.

Diki guntara, bandung tv.