Air Tiga Rasa di Desa Japan Ditemukan Bersamaan dengan Makam Syeh Syadzali

35

Air tiga rasa jadi objek wisata alam , berlokasi di wilayah Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, tepatnya di bagian atas dataran dekat air terjun Monthel ,  sebelah utara makam Sunan Muria. Air tiga rasa ini ditemukan bersamaan dengan makam Syeh Syadzali pada tahun 1932.Makam ini ditemukan oleh tiga jamaah yang sedang berkhalwat atau menyepi didaerah Japan.

Mereka adalah jamaah dari Desa Jetak (mbah Maskat) , jamaah dari Desa Klumpit(mbah Rebo) dan jamaah dari Desa Purwosari. Para jamaah ini kemudian membangun sebuah gapura dan tempat shalat yang sampai saat ini masih terawat dengan baik.

Sumber air ini memiliki tiga rasa. Masyarakat setempat percaya bahwa ketiga jenis rasa air ini mempunyai khasiat yang berbeda jika diminum.

Sumber air pertama : mempunyai rasa tawar-tawar masam (Jawa : anyep-anyep asem/kecut)  berhasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Sumber air kedua : mempunyai rasa yang mirip dengan minuman ringan bersoda  ( Jawa : Rasa trencem-trencem )  berhasiat untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup.

Sumber air ketiga : mempunyai rasa mirip minuman keras (tuak / arak)   berhasiat dapat memperlancar rezeki jika bekerja keras untuk mendapatkannya.

Ketiga jenis air tersebut jika dicampur menjadi satu, rasanya menjadi air tawar.Perbedaan dari ketiga air tersebut hanya bisa dirasakan,  tak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Begitu juga dengan khasiat atau barokah dari air itu sendiri yang menjadi rahasia dari Allah SWT.

Pengunjung datang dari berbagai daerah,pada umumnya para pengunjung ini adalah para peziarah yang mengunjungi makam Sunan Muria. Setelah mengunjungi makam biasanya mereka mungunjungi wisata air tiga rasa. Para pengunjung ke obyek ini setiap hariny selalu ramai, dan pada akhir pekan jumlah pengunjung mengalami lonjakan  .Fasilitas pendukung wisata sudah tersedia lengkap , seperti sarana parkir serta tempat makanan dan minuman bisa didapatkan dengan mudah.Selain menikmati keunikan air tiga rasa,para pengunjung tertarik dengan suasana objek wisata karena kesejukan udara serta panorama alami merupakan magnet bagi para pengunjung untuk mengunjungi kawasan wisata  ini. (E-001) ***