Es Oyen Yang Melegenda

711

BANDUNG tidak henti-hentinya menyuguhkan aneka wisata, dari mulai fashion, destinasi wisata dan salah satunya adalah kuliner. Es campur merupakan salah satu kuliner yang sudah biasa kita jumpai di berbagai tempat di Bandung. Namun es campur yang satu ini memiliki cita rasa yang khas yang berbeda dengan es campur kebanyakan, namanya adalah Es “Oyen”.

Bagi Anda warga Bandung, es oyen ini bisa Anda dapatkan di Jl. Sukajadi No.8 Bandung yang merupakan pusat dari es oyen itu sendiri, namun jangan bersedih hati jika tempatnya terlalu jauh. Es oyen sudah membuka cabangnya di beberapa tempat yaitu jl. Raya Ujung Berung No.42 Bandung (Depan Mapolres), Bee Mall Electronic City Jl. Naripan Bandung, Pascal Hypersquare jl. Pasirkaliki, Bandung, Carefour (molis) jl. Peta, Bandung, Kopo Square, jl. Kopo, Bandung, Jl. Terusan Buah Batu No. 59 Bandung, Premier Plaza, jl. Cihampelas, Bandung, Jl. Borobudur Raya No. 2, Tangerang, jl. Rajawali Barat No. 7 Bandung.

Pemilik outlet Es Oyen, H. Basar Sudjana merintis usahanya sejak tahun 1954. Waktu itu es “oyen” ini masih menggunakan gerobak yang dibawa oleh beliau berkeliling kota Bandung menjajakan usahanya. Saat itu beliau jualan di sekitar daerah kosambi  kemudian pernah juga jualan ke daerah jatayu. Kemudian setelah berkeliling akhirnya menetap di sukajadi dan memulai bisnis rumahannya

Nama es “oyen” itu sendiri di ambil dari nama kakeknya yang mengajari H. Basar dalam membuat es sakoteng itu. Sehingga yang melekat di hati para penggemar kuliner adalah Es “Oyen”.

Bahan-bahan yang di gunakan dalam pembuatan es “oyen” ini adalah Es serut, alpukat, kolang-kaling, kelapa muda, sekoteng, nangka yang di potong kecil dan juga susu. Rasanya yang manis dan segar membuat para penikmat nya menjadi ketagihan untuk mencoba e campur yang satu ini. Apalagi di sajikan ketika cuaca sedang panas, sangat cocok sekali.

Harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu Rp 12.000 per porsi dan Anda sudah bisa mencicipi es “oyen” yang terkenal di Bandung.

Namun sekarang di pusat dan di beberapa cabang es “oyen” membuka daftar menu yang lainnya, yaitu dengan menyediakan bakso dan juga baso tahu. Jajanan khas yang banyak di gemari di Bandung dan cocok jika di sajikan dengan hidangan penutup yaitu es “oyen”

 Bagi para pecinta kuliner, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas yang satu ini, rasanya yang manis dan segar membuat Anda tergila-gila dengan Es campur yang satu ini. Es Oyen tidak pernah sepi pengunjung. Siapapun yang ada di Bandung dibuat penasaran dengan es Oyen ini.

Di outlet buah batu, terdapat 2 orang pegawai dan biasanya ada satu orang lagi yaitu putra dari H. Basar. Dan setiap harinya tempat ini tidak pernah sepi pengunjung dari awal buka jam 09.00 sampai tutup kembali pukul 20.00. yang makan di tempat atau sengaja membeli untuk di bawa ke rumah.

Hal ini berbeda dengan saat puasa, jam buka pun diatur dengan jam buka puasa dan tetap saja outlet ini tidak pernah sepi pengunjung saking terkenalnya es oyen yang melegenda ini.

Anda yang kebetulan lewat di outlet es “oyen” cabang manapun, pastikan untuk mampir dan mencicipi es yang satu ini. Dijamin lidah Anda akan dibuat bergoyang karena manis dan segarnya Es oyen yang melegenda ini dan Anda mendapatkan cita rasa yang berbeda dengan es campur pada umumnya. (C-003/Tandri)***