Komunitas YouTuber Viralkan Seni Kuda Renggong

313

Bisnis Bandung – Puluhan kuda renggong kembali beraksi dalam ajang ‘Atraksi Kuda Renggong Menggetarkan Dunia’. Acara yang diprakarsai oleh para YouTuber Sumedang tersebut merupakan ajang publikasi seni budaya asli Sumedang dengan harapan bisa menarik wisatawan luar Sumedang maupun mancanegara.

Dalam acara itu pula turut hadir Anggota DPR RI Komisi XI fraksi PDIP, Maruarar Sirait dalam reses terakhirnya sebagai Anggota Dewan. Ia turut mengapresiasi seni kuda renggong sebagai warisan budaya luhur Kab. Sumedang yang harus dipertahankan. Terlebih Kuda renggong yang berasal dari Buahdua ini, hanya satu-satunya di Dunia.

“Di akhir masa jabatan saya sebagai anggota DPR RI, saya ingin meninggalkan kesan yang baik di dapil saya terutama di Sumedang namun silaturahmi tetap berjalan. Seperti yang telah diketahui, ini merupakan warisan budaya leluhur yang tak terhingga, karena saya rasa hanya di Sumedang seekor kuda bisa melakukan hal tak biasa dan antusias masyarakat sangat luar biasa meriah,” ujarnya saat ditemui sejumlah wartawan di sela kegiatan resesnya di Alun-alun Sumedang, Minggu (12/8/2018).

Hal yang sama diungkapkan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir juga turut mengapresiasi atas dipopulerkan kembali Kuda renggong sebagai Seni Budaya asli Sumedang. Untuk itu di masa pemerintahannya kedepan, Dony berjanji akan mengagendakan festival Budaya Sunda secara rutin.

“Lewat atraksi kuda renggong ini, saya bersama Pa Erwan sesuai janji kampanye akan menggelar festival seni budaya tiap bulan menjadi event rutin Pemkab Sumedang, dalam rangka mengambangkan seni budaya Sumedang,” katanya.

Lebih lanjut kata Dony, untuk mendukung program tersebut, tentunya harus ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai. “Termasuk saat ini budaya Sumedang ini asli Sumedang, luar biasa dan Bang Ada sudah sering sekali memfasilitasi. Untuk itu pemerintah harus menjadikan kuda renggong ini untuk menjadi sebuah perhatian lebih besar lagi dalam rangka mengembangkan seni budaya Sumedang, karena kita tau Sumedang puseur budaya Sunda,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan, Krisna menyebutkan, ia sebagai budayawan yang aktif dalam mempublikasikan seni budaya asli Sumedang lewat YouTube, tentunya telah berkali-kali memperkenalkan kuda renggong di situs resmi Google tersebut. Untuk itu pihaknya akan istiqamah mengangkat potensi Sumedang yang bisa menarik wisatawan luar Sumedang dan mancanegara.

“Seperti yang sering dilihat, ketika di upload di YouTube itu respon luar biasa sampai ke mancanegara. Kita YouTubers dari Sumedang akan selalu mempublikasikan kuda renggong sebagai identitas warisan budaya Sumedang, dan rencananya ini akan diviralkan hari ini juga,” katanya. (E010)