Kolaborasi Karinding Dengan Musik Reggae

153

Banyak  cara dilakukan untuk menjaga kelestarian kebudayaan sunda, sehingga tetap terjaga dan dikenal masyarakat. seperti halnya komunitas grup karinding di lembang, yang mengkolaborasikan alat kesenian musik sunda karinding dengan musik reggae. bukan untuk mengubah identitas asli lagu reggae, tapi ingin membuktikan alat kesenian sunda juga bisa membawakan genre musik lainnya.

Sekelompok masyarakat lembang kabupaten bandung barat, sukses mengubah musik reggae yang berjudul don’t worry. lagu beretnis reggae yang dipopulerkan tony q rastafara dan steven n coconut tersebut dikolaborasi alat kesenian sunda karinding.

Alunan musik yang diciptakan dari kolaborasi musik reggae dengan karinding, membuat yang mendengarkan terbawa makna yang terkandung dalam lagu dont worry. bukan untuk mengubah identitas asli lagu reggae, tapi ingin membuktikan alat kesenian sunda juga bisa membawakan genre musik lainnya.

Penyanyi karinding reggae, nina karlina mengaku, tak mudah mengkolaborasi karinding dengan musik reggae. kesulitan awalnya dari aransemennya. setelah berulang kali mencoba dalam latihan, akhirnya membuahkan hasil.

Tidak hanya alat kesenian musik sunda karinding, grup ini juga menggabungkan alat kesenian musik sunda lainnya seperti jentreng, kecrek, dan celempung. jerih payah nina karlina menjaga kebudayaan sunda dengan mengkolaborasi musik reggae, akhirnya mendapatkan kepercayaan untuk tampil di tempat wisata lembang.

Algi muhammad gifari, bandung tv.