Hedonisme Bukan Jalan Keluar Kehidupan

181

SEMAKIN berkembangnya teknologi maka semakin bertambah juga kebutuhan masyarakat dengan teknologi itu. Bukan tanpa alasan karena mereka takut ketinggalan informasi atau hanya ingin bergaya semata atau ingin di bilang kekinian. Hal ini justru akan membawa dampak negatif kepada masyarakat bahwa mereka akan terbiasa dengan hidup boros dan membeli sesuatu yang tidak cukup penting dalam hidupnya. Itulah yang dinamakan perilaku hedonisme.

Menurut Wikipedia, hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan menyakitkan atau hedonisme adalah pandangan bahwa kesenangan hidup adalah tujuan dan tindakan manusia.

Pandangan ini jelas sudah ada pada diri setiap masyarakat Indonesia. Pasalnya sudah banyak orang-orang yang hidup dengan kemewahan di sekitarnya. Namun bagi Anda yang tetap pada pendirian Anda, bersyukurlah karena hedonisme tidak akan merubah segalanya. Untuk menghindari hal itu berikut tips-tips agar terhindar dari hedonisme:

Hidup sederhana

Hidup sederhana bukan berarti menyiksa diri karena tidak ingin mengeluarkan untuk sesuatu yang kurang bermanfaat, namun pakai uang untuk sesuatu yang benar-benar penting. Karena kesederhanaan itu adalah awal dari kebahagiaan dan mulailah tanamkan kebiasaan ini sejak anak-anak.

Dekatkan Diri Pada Sang Pencipta

Ajaran agama dan pendidikan agama sangat berguna bagi kehidupan. Karena akan menjadi perisai penghalang dari kerasnya pengaruh lingkungan kepada perkembangan anak-anak. Maka perbanyaklah ibadah kepada-Nya dan berdo’a  agar terlindung dari kesenangan duniawi.

Bekerja Keras

Anda perlu memahami bahwa hasil kerja keras Anda jika diperuntukkan bagi sesuatu yang kurang penting, maka hasil kerja keras Anda akan terasa sia-sia. Maka gunakanlah hasil kerja keras Anda untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalkan shodaqoh kepada orang yang membutuhkan.

Jangan Selalu Menuruti Keinginan

Kendalikan ego untuk membeli barang-barang bagus dengan tujuan ingin mendapatkan pujian dari orang lain. Dan hindari perilaku konsumtif yang akan menghabiskan uang Anda untuk belanja kebutuhan yang tidak perlu, maka diperlukan kecerdasan dalam memilah dan memilih mana yang menurut Anda penting dan mana yang tidak.

Selalu Bersyukur

Sebagian orang ketika melihat tetangga atau temannya berhasil maka timbul rasa cemburu dalam dirinya dan berambisi untuk menyaingi tetangganya itu. Padahal dengan bersyukur atas apa yang telah dia miliki maka akan aman dari rasa was-was dan rasa tidak aman karena melihat orang lain berhasil.

Terkadang kesulitan hidup lebih membuat seseorang bersyukur dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, maka dari itu syukurilah atas apa yang Anda miliki agar Sang Pencipta mencukupkan kebutuhan hidup Anda.

Berhati-hatilah Dalam Memilih Teman

Hal ini dirasa penting  karena tidak semua orang dapat dijadikan teman, ada saja teman yang mencoba memanfaatkan Anda dalam situasi tertentu. Atau mengajak Anda untuk berprilaku seperti dirinya yang bergaya hedonis agar lebih kekinian. Padahal sejatinya hedonisme akan membuat hidup lebih sengsara karena tuntutan hawa nafsu untuk memenuhi keinginannya. Jadi pandai-pandailah dalam memilih teman agar Anda terhindar dari perilaku Hedonisme. (C-003/Tandri)***