Kolonel Inf Arifin Dahlan, Biaya Hidup Semakin Tinggi

339

Kodim 0618/ BS dan Badan Pemerdayaan Perempuan Keluarga Berenacana (BPP-KB) Kota Bandung membuka Pencanangan Kesehatan di wilayah Kodim 0618/ BS di  Klinik Monalisa Bandung, Rabu (15/8) pekan lalu.

Komandan Kodim 0618/BS Kol. Inf Arfin Dahlan mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan program KB-Kes yang dilaksanakan oleh BKKBN Provinsi Jabar di Banten beberapa waktu lalu.

“Kodim 0618/BS, menindaklanjuti pencanangan guna mendukung program pemerintah, terutama Pemkot Bandung dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kegiatan ini sifatnya nasional,” ujar Dandim .

Dikatakan, masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan dengan terencana, salah satunya dengan program KB.

“Setiap warga bisa memberikan kesejahteraan keluarganya dengan dua anak. Sekarang kita bisa merasakan, biaya hidup yang makin tinggi, termasuk biaya kesehatan, pendidikan. Kalau ikut KB  dengan dua anak, lebih mudah mengurusnya. Negara aman sentosa, rakyatnya sejahtera, kesehatan terjamin, angka kematian menurun, sehingga kedepannya generasi mendatang akan melanjutkan estafet kepemimpinan,” tegas Dandim.

Menurutnya, Indonesia akan memasuki fenomena bonus demografi. Yakni mengalami peningkatan jumlah penduduk usia produktif secara signifikan. Melalui program KB merubah struktur umur penduduk yang ditandai dengan menurunnya rasio ketergantungan (dependency ratio) penduduk non-usia kerja (0-14 tahun dan di atas 65 tahun) terhadap penduduk usia kerja (15-64 tahun).

“Itulah kenapa kami punya peran mensukseskan KB dengan mempersiapkan generasi muda berkualitas. Para Babinsa membantu penyuluh KB dilapangan, memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya KB, saat ini satu Babinsa ditempatkan di satu kelurahan,(E-011)