Tips Belanja Aman di Online Shop Agar Tidak Mudah Ditipu

171

ZAMAN sekarang teknologi semakin canggih, yang awalnya hanya berupa benda besar dan berat yang sulit dipindahkan, sekarang menjadi sesuatu yang simple dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Yang dahulu ribet harus pergi ke wartel sekarang ponsel pintar sudah hampir dimiliki oleh setiap kalangan. Ditambah dengan adanya pelayanan belanja online yang membuat Anda ga perlu ribet pergi ke Mall.

Banyak sekali online shop yang ada di aplikasi google play atau playstore yang bisa Anda unduh dan pakai, kapanpun, dimanapun selama ada jaringan yang terkoneksi langsung ke internet Anda.

Namun tahukah Anda bahwa masih banyak orang yang mudah tertipu dengan barang di online shop? Jelas ini merupakan sesuatu yang buruk disamping banyaknya kemudahan dalam mengakses teknologi yang ada pada saat ini. Maraknya kejadian ini disebabkan karena kurang telitinya pembeli dalam bertransaksi dengan penjual di online shop.

Untuk Anda yang suka sekali belanja sesuatu dengan cara online, tidak perlu khawatir atau cemas karena beberapa kejadian tadi. Di sini akan dijelaskan bagaimana cara aman jual beli di online shop. Mari simak ulasan berikut ini:

Cek Keamanan Toko atau Situs Online Tersebut

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengecek keaamanan situs tersebut. Karena pada saat ini banyak sekali situs yang menawarkan benda yang sama namun dengan keamanan bertransaksi berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penipuan dalam berbelanja online.

Jika sudah yakin dengan toko tersebut maka cek nomor kontak atau alamat yang tertera pada toko online tersebut. Dan jangan lupa untuk mencari tanggapan atau ulasan dari konsumen lain mengenai barang atau produk tersebut.

Lihat Spesifikasi Barang

Jangan lupa bagi Anda yang hendak membeli sesuatu dengan cara online untuk memperhatikan spesifikasi barang. Jangan hanya mempercayai pada gambarnya saja, karena toko online yang lain pun menjual barang yang sama bahkan dengan gambar yang sama. Namun cek terlebih dahulu apa yang Anda akan beli dari salah satu produk toko online tersebut dengan sabar dan teliti.

Jangan Tergoda Dengan Harga Yang Murah

Yang selanjutnya adalah memperhatikan harga, jangan sampai terkecoh karena iming-iming diskon yang besar atau harga yang relatif murah dibandingkan dengan online shop yang lain sehingga membuat Anda bersikukuh untuk membeli produk tersebut.

Padahal bisa saja barang yang di tawarkan dengan harga yang murah itu jauh dari apa yang Anda harapkan. Oleh sebab itu pikirkan masalah harga dengan baik.

Perhatikan cara Pembayaran

Betransaksi lewat online memang paling aman dan nyaman ketika menggunakan kartu, baik debit ataupun kredit. Namun lebih disarankan menggunakan kartu kredit, hal ini dikarenakan jika barang yang Anda pesan tidak kunjung datang, Anda bisa mambatalkan transaksi. Berbeda dengan kartu debit yang kesannya anda hanya mengambil secara “Cuma-Cuma” uang di rekening Anda.

Jaga Password Dengan Baik

Ketika melakukan transaksi di online shop biasanya meminta untuk log in. untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan password Anda dibuat dengan serumit mungkin dan hanya Anda yang tahu. Jangan memberikan password itu kepada siapapun karena itu adalah privacy juga untuk menjaga kenyamanan Anda dalam bertransaksi.

Simpan Bukti Transaksi

Pastikan bukti transaksi Anda dengan pihak online shop disimpan baik-baik. Karena jika terjadi hal diluar dugaan Anda bisa membuktikan dengan menyerahkan bukti transaksi Anda dengan online shop. (C-003/Tandri)***