Menikmati Sajian, Ikan Gurame Soang dari Priangan Timur

228

Gurame merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar populer karena banyak dijadikan aneka masakan yang banyak digemari konsumen. Gurame merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici yang berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat) , populasinya menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia. Pertumbuhan ikan gurame agak lambat dibanding ikan air tawar  lain. Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, gurameh, orang Sumatra menyebutnya ikan kalau atau kala, sedangkan di Kalimantan disebut ikan kalui. Orang Inggris menyebutnya “Giant Gouramy”, karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.

Ada berbagai macam jenis ikan gurame, salah satunya  jenis gurame soang yang terdapat di wilayah Priangan Timur , ikan jenis ini dijadikan  ikon. Sebutan ikan gurame soang,  berasal dari ciri ikan  yang bertubuh panjang. Jenis ikan gurame soang dalam umur 10 tahun, panjangnya bisa mencapai  60 cm dengan bobot seberat 8 kg. Masuk pada jenis ikan yang memiliki daya hidup kuat, dapat bertahan di kolam yang sirkulasi airnya kurang. Beberapa petani menanamnya di kolam plastik atau  ukuran kolam  yang relatif kecil. Meskipun demikian memeliharanya di kolam dengan sirkulasi air memadai lebih utama. Berdasar pengalaman petani ikan , bahwa  pembibitan ikan gurame soang dapat dilakukan di aquarium.

Gurame soang sudah bisa dipanen dalam waktu  6 -7 bulan dengan bobot 700 gram ,jika benih yang dibesarkan berukuran 100 gram/ekor atau 12 – 16 cm. Gurame jenis lainnya perlu waktu 3 bulan lebih lama (sekitar setahun).Budi daya gurame soang  dilakukan di Ciamis, Tasikmalaya dan Garut, semua itu memerlukan teknik pembesaran yang tepat , dari sisi benih k, media lingkungan pendukung, pakan mencukupi secara kualitas maupun teknik dan rekayasa budi daya yang benar.Untuk memacu pertumbuhan gurame soang  perlu mengoptimalkan pemberian pakan tambahan (daun talas), menambah kedalaman kolam serta rekayasa budi daya.Ciri gurame soang , antara lain terdapat cula di kepalanya. Lebih nyata setelah umur 3 tahun atau lebih. Telurnya mencapai 4.000 – 5.000 butir/ ekor . Ciri jantan (dahi menonjol) . Siripnya berwarna putih atau warna lebih terang. Ciri induk betina , dahinya rata, sirip warnanya  gelap.

Sebagai komoditi unggulan di kawasan Priangan Timur pemasaran ikan ini tidak menemui hambatan,semua petani dikawasan Priangan Timur bisa dengan mudah memasarkannya. Ikan gurame merupakan salah komoditas utama di pasar ikan,hal ini bisa dimaklumi karena kelezatan rasa ikan ini.Semua restoran baik kelas menengah maupun kelas atas pasti memiliki menu dari bahan dasar ikan gurame.Bila kita melancong ke kawasan Priangan timur kita bisa dengan mudah menemukan kolam ikan jenis gurame soang.Bahkan ada beberapa peternak ikan yang sengaja membuka wisata kuliner buat para pelancong,para pelancong ini bisa memilih langsung ikan gurame yang mereka sukai untuk berbagai menu masakan yang bisa disantap di area sisi kolam sesuai selera . (E-001) ***