Mengatur Posisi Spion Mobil

230

Baik spion luar maupun dalam kabin, sama-sama memiliki peran penting untuk melihat dan mengetahui kondisi yang ada di sekitar mobil kita. Kita perlu tahu cara mengatur spion dalam dan luar pada mobil.

Ini menjadi penting untuk diketahui karena masih banyak  yang salah dan belum paham tentang bagaimana cara mengatur spion luar dan dalam dengan benar, serta banyak juga yang tidak tahu apa yang dijadikan patokan saat mengatur spion.

Dimulai dari spion luar, mungkin banyak yang mengarahkannya ke dalam, tapi sebenarnya, baik untuk yang ada di kiri maupun kanan,  kacanya harus diarahkan keluar, minimal sampai  gagang pintu belakang terlihat.

Hal itu perlu dilakukan dengan tujuan supaya pengemudi bisa mendapat pandangan yang lebih luas dari kondisi yang ada di sekitar mobilnya, serta untuk meminimalisir blindspot alias area yang tak terjangkau oleh pandangan kita.

Kemudian untuk spion dalam, kita harus memposisikannya di tengah. Itu bertujuan agar kita dapat melihat dengan jelas sedekat apa mobil kita dengan kendaraan yang ada di belakang, sehingga kita bisa lebih waspada jika sekiranya ada potensi bahaya yang datang.

Setelah mengetahui bagaimana cara menyesuaikan spion mobil, ada beberapa hal penting yang perlu kita ingat. Antara lain:

  • Pastikan posisi spion tepat – sebelum mulai mengemudi, pastikan visibilitas pada setiap kaca spion sudah pas. Hal ini biasanya terlewatkan, sering kita dapati kondisi kaca spion tidak tepat saat sudah dalam perjalanan, itu pun saat kita butuh melihat kondisi di belakang mobil.
  • Pastikan kondisi aman – Setiap akan mendahului kendaraan lain atau berpinda jalur, biasakan untuk melihat kondisi di belakang mobil melalui kaca spion dalam dan samping. Hal itu untuk memastikan kondisi aman dan kita terhindari dari tabrakan.
  • Manfaatkan fitur Night-View-Mirror – untuk menghilangkan efek silau saat berkendara di malam hari. Pada mobil-mobil terbaru rata-rata udah dilengkapi fitur Day-Night-View Mirror untuk menghilangkan efek silau dari lampu kendaraan lain di belakang. Pengaturan dengan manual biasanya ada tuas kecil di belakang spion dalam untuk merubah ke mode siang atau malam.

(E-002/BBS)***