Mie Glosor Makanan Unik Asal Sukabumi, Populer di Bogor

1922

Kuliner di Kota Bogor, banyak yang unik , salah satunya sebut saja  Mie Glosor. Unik karena teksturnya beda dengan mie pada umumnya . Mie Glosor bertekstur kenyal dan licin, berbeda dengan mie yang banyak dijajakan di pasaran.  Mi Glosor dibuat dari tepung kanji atau aci (bahasa Sunda-red) dicampur dengan kunyit,hingga warna mie menjadi kuning. Meski identik sebagai jajanan khas Bogor, namun sebenarnya mie glosor  bukan asli dari Kota Bogor, tapi berasal dari  Kota Sukabumi yang kemudian menjadi terkenal dan digemari oleh masyarakat Kota Bogor.

            Keberadaannya di Bogor karena salah seorang pembuat mie ini , sekitar tahun 1966 pindah dari kota Sukabumi . Tahun 1970  mulai memproduksi mie jenis ini di daerah Pancasan Bogor hingga saat ini. Asal mula penamaan glosor atau gelosor (mengalir) , dipakai untuk menggambarkan betapa mudahnya mie tersebut ketika dimakan, mudah dikunyah, mengalir lancar dari mulut ke tenggorokan dan menggelosor menuju perut. Mi Glosor merupakan jenis makanan khas yang unik dari Kota Bogor dan menjadi makanan favorit di pada bulan puasa. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengaitkan makanan ini dengan bulan Ramadan. Kendati mie glosor merupakan makanan khas bulan Ramadan, anda tetap bisa menemukan makanan ini dalam keseharian

Biasanya mie glosor dihidangkan ,  digoreng dengan campuran sayuran, seperti kol dan sawi hijau yang ditumis terlebih dahulu,setelah matang, disajikan dengan gorengan dan sambal kacang. Rasanya yang gurih dan pedas membuat banyak orang ketagihan untuk mencobanya lagi. Tak sulit untuk menemukan penjual mi glosor di Kota Bogor,hampir disemua pelosok kota  dapat dengan mudah menemukannya.Kawasan Jalan Suryakencana merupakan salah satu sentra tempat berkumpulnya penjual mie ini.

Bagi anda yang belum sempat mencoba mencicipinya ,anda bisa membuatnya sendiri di rumah.Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti bawang merah, bawang putih, biji kemiri yang telah disangrai, mie glosor yang telah anda buat atau beli sebelumnya, sawi sesuai selera, penyedap rasa, kembang kol yang telah diiris, garam dan merica secukupnya.Dilanjutkan dengan menghaluskan bawang putih, merica, bawang merah dan kemiri hingga halus. Apabila anda menyukai rasa pedas, anda bisa menambahkan merica. Sisihkan terlebih dahulu bumbu yang telah dihaluskan tadi, kemudian merendam mie glosor dengan air hangat di dalam wadah beberapa menit atau hingga mie terlihat  lunak. Pisahkan dari airnya dan tiriskan .

Selanjutnya, anda bisa langsung menumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi ke dalam minyak panas. Aduk-aduk hingga tumisan mengeluarkan aroma harum. Jika sudah, anda bisa menambahkan sayurannya yang telah diris kecil-kecil tadi hingga layu. Aduk merata kembali.Apabila sudah layu, masukkan mie glosor yang telah di rendam tadi. Aduk hingga merata dan taburkan garam penyedap rasa secukupnya ke dalamnya.Aduk kembali hingga merata. Jika sudah matang angkat mie glosor dan tuangkan ke dalam wadah dan lengkapi dengan siraman bumbu kacang yang telah dibuat sebelumnya.Mie glosor siap disajikan. Nikmati  selagi masih panas. (E-001) ***