Tips Atasi Kecanduan Instagram

160

INSTAGRAM merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh kaum milenial untuk membagikan foto atau kegiatan sehari-hari. Media sosial tersebut terkadang mendorong pengguna untuk terus menggulir hingga pada posting-an terakhir teman Anda, sehingga dapat memicu adanya kecanduan yang berakibat fatal.

Redaksi BB coba mengungkap beberapa cara yang membantu mengurangi kecanduan bermain Instagram, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Batasi Data

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membatasi data seluler Anda pada aplikasi Instagram. Caranya dengan beralih ke Akun Anda lalu pilih opsi ‘Penggunaan Data Seluler’ dan Anda dapat mengaktifkan pilihan tersebut.

Dengan pilihan itu, data yang digunakan lebih sedikit dan memungkinkan loading foto akan lama, sehingga membuat Anda bosan menunggu dan meninggalkan aplikasi tersebut.

  1. Log Out Instagram

Setelah Anda menggunakan aplikasi Instagram, Anda dapat log out akun sehingga tidak terus-menerus terhubung langsung dalam posting-an akun yang Anda ikuti. Hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi kecanduan dalam melihat stories ataupun postingan lainnya.

  1. Gunakan pada saat Terhubung Wi-fi Saja

Data seluler yang Anda miliki tentu saja dapat Anda gunakan untuk membuka apa saja, terlebih lagi dengan Instagram. Anda dapat membuka video unggahan dan setelahnya akan terpacu untuk menonton yang lainnya lebih lama lagi sehingga Anda tidak dapat mengontrol waktu yang dapat mengakibatkan kecanduan.

  1. Perbanyak Aktivitas di Dunia Nyata

Dengan memperbanyak aktivitas, pastinya Anda akan lupa dan terbiasa dengan tidak membuka Instagram yang dapat menjauhkan Anda dari lingkungan sekitar. Interaksi yang diciptakan di dunia nyata lebih memiliki sifat yang positif dibandingkan dengan dunia maya yang juga dapat memicu adanya ketergantungan.

  1. Uninstall Instagram

Langkah yang paling ampuh dan terakhir adalah hapus aplikasi Instagram yang terpasang pada smartphone Anda. Dengan begitu, Anda tidak dapat melihat postingan secara terus menerus dan hanya dapat membukanya sesekali menggunakan web. (C-003)***