Ribuan Guru Honorer Di Sukabumi Berunjuk Rasa

179

Ribuan guru honorer sekabupaten sukabumi berunjuk rasa di gelanggang olah raga cisaat, rabu pagi. mereka menuntut pemerintah mencabut permenpan-rb nomor 36 tahun 2018, tentang kriteria kebutuhan pns, dalam seleksi penerimaan cpns tahun 2018.

Tiga ribu guru honorer dari 34 kecamatan di kabupaten sukabumi, berunjuk rasa, rabu pagi. aksi yang digelar di gelanggang olah raga cisaat kabupaten sukabumi itu,  menuntut pemerintah mencabut permenpan-rb nomor 36 tahun 2018. pasalnya, permen itu membatasi usia calon pegawai negeri sipil tidak lebih dari 35 tahun, dan membatalkan pengangkatan cpns tahun 2018.  selain itu, mereka menuntut diberikan surat keputusan pengangkatan atau penugasan sebagai guru kependidikan tidak tetap, dari pemerintah daerah kabupaten sukabumi.

Selain poster dan spanduk, para guru honorer membawa serta anak mereka. isak tangis pecah, saat para guru honorer yang membawa anak, berorasi di depan massa. koordinator aksi, kris dwi purnomo mengatakan, aksi tersebut merupakan kelanjutan mogok mengajar yang dilakukan para guru honorer, senin kemarin.

Sementara itu, kepala dinas pendidikan kabupaten sukabumi, maman abdurrahman mengatakan, pihaknya akan mengkaji tuntutan para guru honorer tersebut.

Unjuk rasa ini mengakibatkan aktifitas belajar mengajar siswa di sekolah di kabupaten sukabumi terganggu.

Budi setiawan, bandung tv.