Dinkes KBB Kembali Kampanye PHBS Di Pesantren

134

Guna memberikan pemahaman perihal kesehatan sejak dini, dinas kesehatan kabupaten bandung barat memberikan penyuluhan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat atau phbs, kepad para siswa smp dan santri pondok pesantren darul falah, cihampelas, kabupaten bandung barat. penyuluhan diberikan melalui program kuis interaktif “aku sehat”, terutama terkait masalah penularan penyakit tuberkulousis serta cara mengantisipasinya.

Bertempat di sekolah menengah pertama yang juga pondok pesantren darul falah, cihampelas, kabupaten bandung barat, kamis siang, dinas kesehatan kabupaten bandung barat mengelar kampanye serta sosialisasi gerakan masyarakat sehat atau germas, melalui kuis interaktif phbs, kepada puluhan siswa dan satri. puluhan siswa dan santri diajak bermain, dengan cara menjawab sejumlah pertanyaan pilihan ganda, yang berkaitan dengan kesehatan.

Para siswa dan santri pun antusias mengikuti permainan tersebut. tingkat kesulitan pertanyaan semakin bertambah seiring dengan naiknya level permainan, mulai dari 1 hingga 9. selain itu, para siswa pun diberkan pemahaman tentang cara mencegah terjangkit penyakit menular tuberkulousis, dengan pemutaran video pencegahan penyakit tbc, serta bahayanya asap rokok jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Kepala smp darul falah cihampelas,h. Baehaqi, menyambut baik program yang diciptakan dinas kesehatan bandung barat. diharapkan, dengan penyuluhan ini, para siswa dan satri darul falah menjadi pionir dan menularkan tingkah laku yang baik dalam menjaga kesehatan serta kebersihan lingkungan, serta mengetahui bahaya asap rokok.

Sementara itu, kepala upt promosi kesehatan dinas kesehatan kabupaten bandung barat, dewi murniati menjelaskan, kampanye perilaku hidup bersih dan sehat di pondok pesantren ini, agar perilaku anak anak ponpes lebih bersih. hal tersebut karena, pondok pesantren identik dengan penyakit menular, seperti batuk hingga tbc, penyakit kulit, dan lainnya. terlebih, pencegahan tbc menjadi salah satu dari tiga program utama kementerian kesehatan yang terus digencarkan.

Melalui kampanye, sosialisasi, serta kuis phbs terutama cara mencegah tuberkulousis, diharapkan para generasi muda di pondok pesantren darul falah, terhindari dari sejumlah penyakit yang kerap hinggap ke sejumlah santri. pihak dinkes bandung barat pun akan terus berkampanye dan memberi penyuluhan terkait penyakit terebut, ke pondok pesantren lainnya di bandung barat.

Algi muhammad gifari, bandung tv.