Sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara Se Kabupaten Tasikmalaya

134

Bertempat di Hotel Horison Tasikmalaya Rabu 19 September 2018,balai bahasa provinsi Jawa Barat,menyelenggarakan sebuah kegiatan bertajuk Sosialisasi pemartabatan bahasa negara sekabupaten Tasikmalaya. Kegiatan seperti ini harus dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan bahasa negara di ruang publik.Kecenderungan yang dilihat pada saat sekarang,penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik nampak memprihatinkan. Berdasarkan hal hal itulah maka balai bahasa provinsi Jawa barat memandang perlu mengubah paradigma masyarakat untuk menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik sebagai mana mestinya.Dasar dari penggunaan bahasa Indonesia ini sangat kuat karena banyak sekali peraturan perundangan yang mengharuskan penggunaan bahasa negara di ruang publik.

            Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh berbagai kalangan,seperti para pelaku industri pariwisata,kalangan pemerintahan,tokoh masyarakat hingga kalangan akademisi. Sosialisasi berlangsung sejak pagi hari,adapun kegiatannya meliputi sambutan sambutan dari instansi terkait kemudian disambung dengan pemberian materi dan pembahasan materi tersebut dalam sebuah diskusi.Sebelum pemberian materi narasumber dari pemerintah kabupaten Tasikmalaya di berikan plakat oleh pihak balai bahasa Jawa Barat.Kegiatan selanjutnya ialah pemberian materi dari kepala balai bahasa Jawa Barat Drs Sutejo.Pemberian materi selanjutnya dari kepala dinas pariwisata dan olahraga Kabupaten Tasikmalaya,selepas pemberian materi dilanjutkan dengan diskusi.

Dalam diskusi tersebut banyak sekali pertanyaan pertanyaan mengenai kebahasaan yang dilontarkan oleh para peserta.Narasumber dari pihak balai bahasa dengan jelas dan terperinci selalu menjelaskan mengenai solusi tentang permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku industri tersebut. Setiap tahunnya Balai bahasa Jawa Barat,mengadakan kegiatan sosialisasi hasil lokakarya di beberapa tempat kota dan kabupaten se Jawa Barat. Maksud dan tujuan diselenggarakanya kegiatan lokakarya penggunaan bahasa diruang publik ini adalah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa Indonesia.Mendapatkan kawasan tertib berbahasa sebagai contoh kawasan untuk pembelajaran bahasa.