Berawal dari Guru Menjadi Pengusaha Sukses

179

JACK MA adalah pendiri dari Alibaba Group, memulai karirnya sebagai guru Bahasa Inggris. Berkat latar belakang mengajar atau menjadi guru, membuat Jack Ma kini menjadi pengusaha yang sukses.

“Satu-satunya yang membuat saya menjadi pengusaha sukses adalah latar belakang mengajar saya,” ucap Jack Ma di Forum Ekonomi Dunia di Taijin, China seperti dilaporkan CNBC.

Jack Ma memiliki pengalaman pahit karena pernah ditolak 30 pekerjaan sebelum ia memutuskan untuk bergabung dengan sekelompok teman pada usia 29 tahun untuk membuat internet start-up.

Ia awalnya tidak mengetahui pemasaran, tidak mengetahui teknologi dan mengalami kerugian pada rekening keuangannya. Namun, ia mampu membawa satu keterampilan dari awal karirnya menjadi seorang guru bahasa Inggris di China, kemampuan untuk mengidentifikasi dan menumbuhkan bakat.

Profesi guru yang telah menjadi pusat perannya dalam mengubah Alibaba menjadi raksasa e-commerce bernilai miliaran dolar. “Sebagian besar waktu saya dihabiskan untuk mengidentifikasi bakat untuk melatih mereka dan membudidayakan AliGroup,” jelasnya.

Jack Ma mengatakan bahwa hampir 2 dekade, perusahaan telah bekerja untuk mengembangkan bakat itu dan dia sekarang percaya bahwa mereka ada di sana. Jack Ma percaya bahwa perusahaan sudah memiliki pimpinan generasi ke-5.

Pekan lalu, Jack Ma mengumumkan untuk mengundurkan diri dari jabatannya yang akan digantikan oleh Daniel Zhang. Zhang merupakan bawahannya yang berusia 46 tahun.

Zhang pertama kali masuk ke dalam AliGroup pada 2007. Sejak awal, Jack Ma mengindentifikasi Zhang ke dalam 2 talenta yaitu “systematic thinking” dan “sober mind” yang menurutnya sangat penting untuk mendorong bisnis ke depan.

Dia menambahkan bahwa ia dan 17 rekan pendirinya digambarkan sebagai pemimpin bisnis “yang sangat kuat”, tetapi dia yakin kesuksesan masa depan perusahaan terletak pada generasi berikutnya.

“Mengapa kita bisa sukses hari ini bukan kesuksesan saya sendiri, itu kesuksesan tim saya” ucap Jack Ma. (C-003/ahl)***