Situ Cibayat Karawang Tempat Tim SAR Latihan Penyelamatan Kecelakaan Air

183

Masih di wilayah Kabupaten Karawang yang dikenal sebagai daerah lumbung padi, Karawang juga memiliki potensi wisata alam yang cukup banyak. Salah satu objek wisata alam yang Mandalawangi kunjungi terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru. Menuju lokasi obyek  wisata ini cukup mudah, bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Letak objek wisata ini tidak begitu jauh dari Gunung Sanggabuana,salah satu lokasi objek wisata favorit di Karawang.  Objek wisata ini dinamakan Situ Cibayat dengan daya tarik utamanya adalah keindahan panorama alam, ditambah suasana  hening .

            Masyarakat sekitar memanfaatkan air situ untuk berbagai keperluan, antara lain untuk mengairi lahan pertanian serta untuk latihan anggota tim SAR dalam simulasi penyelamatan kecelakaan di air.Para pengunjung yang datang bukan hanya dari wilayah Karawang saja,namun banyak pelancong dari luar Karawang.Biasanya para pelancong berdatangan pada akhir pekan atau masa liburan.Aktivitas yang mereka lakukan selain menikmati keindahan alam , juga mengabadikan panorama alam dengan lensa kamera.Selain itu ada juga para pelancong yang sengaja mengunjungi Situ Cibayat untuk melakukan aktivitas memancing.

              Fasilitas pendukung wisata yang sudah tersedia, berupa tempat parkir kendaraan,sarana tempat ibadah,toilet hingga penjual makanan dan minuman yang dengan mudah ditemukan di lokasi. Situ Cibayat tidak kalah menarik dengan tempat wisata situ lainnya di Jawa Barat,oleh karena itu banyak juga pelancong yang kami temui mengaku, bahwa mereka sudah beberapa kali mengunjungi situ ini. Situ Cibayat merupakan kawasan wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan,karena memiliki berbagai potensi  menarik,terlebih aksebilitas menuju lokasi cukup mudah.

            Pengembangan wisata yang bisa di kembangkan, adalah rekreasi air berupa, sepeda air, perahu dayung, restoran terapung dan sebagainya. Di lingkungan sekitarnya yang masih alami bisa juga di buat home stay, guest house, sehingga para pelancong dari luar daerah bisa menghabiskan malam sambil menikmati keindahan danau  pada malam hari. Selain itu dengan kondisi alamnya yang masih alami, di kawasan ini bisa di kembangkan agrowisata perkebunandengan menanam aneka buah khas Jawa Barat. (E-001) ***