Alibaba Bakal Bikin Anak Perusahan Pesaing Qualcomm

162

SETELAH membatalkan rencana untuk membuka 1 juta lowongan kerja di Amerika Serikat, pendiri sekaligus CEO Alibaba Jack Ma mengungkapkan pihaknya akan mendirikan anak perusahaan yang bisa memproduksi cip komputer.

Ma mengumumkan rencana besar tersebut di ajang Konferensi Komputasi Awan Alibaba yang berlangsung di Hangzhou, China. Anak perusahaan yang akan menjadi rival bagi Qualcomm dan Intel ini rencana akan fokus mengembangkan cip teknologi kecerdasan buatan untuk komputasi awal, perangkat yang terhubung internet (Internet of Things/ IoT) dan sektor lainnya.

Chief technology officer, Jeff Zhang mengatakan keuntungan perusahaan sejauh ini berada pada algoritme dan data yang diperoleh dari sejumlah bidang yang sebelumnya tak terpikirkan, mulai dari kuantum hingga teknologi cip.

Alibaba dikabarkan akan mengusung nama Pingouge Semiconductor Company yang berarti musang madu dalam bahasa China. Zhang mengatakan nama tersebut dipilih agar perusahaan bisa terinspirasi sifat alamiah musang madu sebagai hewan paling berani di Bumi.

Sebelum mengungkap rencana tersebut, raksasa teknologi China tersebut diketahui sudah mulai menanamkan investasi untuk perusahaan pembuat cip.

Awal tahun ini, Alibaba baru membeli C-Sky, perusahaan desain cip asal China. Ma secara vokal mengatakan langkah ini ditempuh sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan China terhadap teknologi asing (AS).

“Bisnis cip komputer dikendalikan oleh Amerika … dan jika mereka setop jualan, itu artinya apa, kamu pasti paham. Inilah kenapa China, Jepang, dan negara lainnya perlu mengembangkan teknologi inti,” ungkap Ma saat berbicara di hadapan mahasiswa di Tokyo pada April lalu seperti dilaporkan CNN.

Sikap Ma untuk mendirikan perusahaan cip komputer sendiri merupakan reaksi atas hubungan dagang antara China dan AS yang belakangan memanas. Ma juga mengaku kecewa dengan keputusan AS yang melarang perusahaan China seperti ZTE dan Huawei untuk memasok perangkat telekomunikasi hingga ponsel pintar. (C-003/evn)***