Android Rayakan Ulang Tahun ke-10

136

SISTEM operasi Android memasuki usia kesepuluh pada 23 September 2018. Tepat pada 23 September 2008 silam, Android untuk pertama kalinya diumumkan secara resmi.

Ponsel HTC Dream atau dikenal juga sebagai T-Mobile G1 menjadi ponsel pertama yang mendukung Android. Saat pertama kali dipasarkan, ponsel ini dibanderol US$179 dengan fitur utama grafis yang bisa dikostumisasi dan terintegrasi dengan layanan Google seperti Gmail.

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White ini sejatinya telah diungkap sejak 2007. Android merupakan pengembangan dari kernel Linux.

Rubin menggambarkan proyek pengembangan Android sebagai perkembangan potensial perangkat pintar yang lebih rinci mengenali lokasi dan preferensi pemiliknya.

Di tahap awal, Android sejatinya dikembangkan sebagai sistem operasi untuk kamera digital. Belakangan perusahaan mengubahnya lantaran bisnis kamera dianggap tidak cukup besar sehingga pada September 2004 berupaya mengembangkan Android untuk ponsel menandingi Symbian dan Windows Phone yang kala itu lebih dikenal.

Rubin diketahui kesulitan mendapatkan penyandang dana pada tahap awal pengembangan Android. Dana segar sebesar US$10 ribu diberikan oleh teman dekat Rubin, Steve Perlman.

Pada Juli 2005, Google secara resmi mengakuisi Android Inc. dengan nilai US$50 juta. Ketiga pendiri Android, kecuali Nick Sears turut bergabung dengan Google sebagai bagian dari kesepakatan bisnis.

Di awal kemunculannya, Android belum memiliki kode nama spesifik, hanya mengusung nama Android 1.1 dengan nama resmi Petit Four. Pengembang beralasan penggunaan kode nama bisa membingungkan dan menyulitkan penyebutan, sehingga lebih memilih menggunakan nama Android 1.1.

Maskot Android berupa robot hijau pertama kali diciptakan oleh Dan Morrill, namun logo yang kini banyak dipakai merupakan karya Irina Blok.

Tradisi menggunakan nama sesuai urutan alfabet baru dimulai sejak tahun 2009, diawali dengan Android 1.5 Cupcake dan berlanjut hingga kini Android 9.0 Pie yang dirilis Agustus silam. Ryan Gibson, project manager kala itu menjadi sosok yang menggunakan nama makanan penutup (dessert) sebagai nama resmi untuk Android.

Google kemudian menjadikan maskot Android versi terbaru sebagai ‘keluarga’ yang turut dipamerkan di markasnya di Silicon Valley, California, AS. (C-003/evn)***