Cermat dan Hemat Isi BBM

56

Kondisi lalu lintas akhir – akhir ini yang makin semrawut karena macet , terjadi  hampir di semua ruas jalan. Kondisi harus disikapi dengan langkah-langkah strategis agar isi dompet tak cepat boros gara-gara harus sering mampir ke SPBU.

Beberapa trik yang dilansir Kawasaki mungkin berguna untuk berhemat BBM:

  1. Biasakan mengisi BBM pada pagi hari ketika suhu di tanah masih dingin. Kenapa begitu? Ini karena SPBU memiliki tangki penyimpanan BBM di dalam tanah, sehingga lebih dingin suhu di tanah akan membuat BBM lebih kental atau lebih pekat. Ketika suhu mulai meningkat, kekentalan mulai berkurang, sehingga ketika kita mengisi pada siang hari, belum pasti angka isian BBM yang tertera di pompa sama persis dengan jumlah BBM yang masuk ke tangki mobil. Hal ini disebabkan karena tangki di SPBU tidak memiliki kompensasi suhu untuk menyesuaikan dengan gravitasi dan suhu BBM. Jadi setiap derajat suhu udara memiliki pengaruh besar dalam total penelaran Anda untuk BBM.
  2. Salah satu tips terpenting adalah jangan mengisi BBM setelah tangki kosong. Sebaiknya saat BBM di tangki motor sudah tingal separuh, segera ditambah. Ini untuk mencegah agar udara tidak masuk ke dalam tangki. Jika sampai banyak udara masuk ke dalam tangki, penguapan BBM akan lebih cepat, sehingga yang terjadi BBM akan cepat habis menguap sia-sia.
  3. Jika melihat di SPBU sedang dilakukan pengisian pada tangki penyimpanan, sebaiknya Anda tak usah berhenti untuk mengisi BBM. Kenapa? Pada saat pengisian BBM baru di tangki penyimpanan, terjadi perputaran di dalam tangki sehingga kotoran di dasar tangki terangkat. Jika memaksa untuk mengisi BBM karena tangki mobil Anda sudah kosong, BBM yang masuk ke dalam tangki mobil Anda pasti bercampur kotoran. BBM bercampur kotoran ini akan membuat kinerja motor Anda tak optimal. (E-002/BBS)***