5 Manfaat yang Didapat Jika Puasa Media Sosial

28

MEDIA sosial (medsos) bisa dikatakan ibarat ‘pedang bermata dua’ bagi penggunanya. Medsos memang bisa menjadi sumber inspirasi, tetapi juga bisa membawa pengaruh buruk.

Jika  terlalu lama membuka medsos, maka akan kehilangan banyak waktu berharga untuk melakukan hal lain yang bermanfaat.

Jika sudah berlebihan dan lebih lama waktu yang Anda pakai untuk berselancar di dunia maya, mungkin Anda patut coba detox medsos atau sebutan lainnya adalah puasa medsos.

Sebagai percobaan awal, Anda bisa menjajalnya dalam waktu satu minggu penuh. Seiring waktu berjalan dipercaya bisa merasakan 5 (lima) manfaat ini.

Tidur Lebih Nyenyak

Siapa yang sering buka medsos dulu sebelum tidur? Faktanya, cahaya yang dipancarkan dari layar ponsel pintar dapat mengganggu produksi hormon melatonin pada tubuh. Padahal hormon itu punya tanggung jawab untuk membantumu tidur.

Kebiasaan inilah yang bikin sering susah tertidur cepat. Karena itu, cobalah untuk mengurangi kegiatan berselancar medsos sebelum tidur, dijamin tidur akan lebih cepat terlelap.

Mengurangi Kecemasan

Terlalu berlebihan dalam berselancar di dunia maya tidak baik untuk Anda.

Terus-terusan melihat unggahan orang lain cenderung akan membuat Anda sering membandingkan hidup Anda dengan hidup mereka yang “terlihat lebih bahagia” di foto.

Menurut seorang profesor psikologi dari Kent State University, beristirahat dari medsos dapat membantu mengurangi kecemasan berlebihan hingga depresi.

Waktu Luang untuk Hal Positif

Jika sebelumnya  terlalu sibuk bermain medsos, saat jauh dari medsos Anda akan punya waktu untuk merenungkan hal yang dulunya tertunda Anda lakukan. Waktu luang juga makin bertambah.

Anda bisa melakukan aktivitas sederhana dan seru seperti makan bersama keluarga, memasak bareng keluarga atau teman, membaca buku, membersihkan kamar, atau makan dengan kerabat dekat tanpa harus mengkhawatirkan update medsos.

Mengurangi Kekhawatiran

Jika terlalu berlebihan bermain medsos, biasanya  akan cenderung dilanda kecemasan kalau semenit saja tidak mengintip medsos demi kabar terbaru.

Menangani obsesi medsos memang susah-susah gampang. Namun, jika  berusaha mencoba, setidaknya dengan tidak terlalu sering membuka medsos Anda bisa mengendalikan kecemasan dan membiasakan diri agar tidak ketergantungan mencari kabar lewat medsos.

Irit Kuota

Saat Anda membuka medsos terlalu lama, berarti akan banyak pula kuota internet yang Anda pakai.

Daripada Anda pakai buat beli kuota internet, alangkah lebih baik uangnya disimpan untuk membeli sesuatu yang lebih berguna atau ditabung untuk digunakan saat Anda ada keperluan mendadak. (C-003/Bbs)***