Abubakar Divonis 5 Tahun 6 Bulan Penjara

153

Mantan bupati bandung barat, abu bakar, yang terjerat kasus suap satu koma dua milyar rupiah, divonis lima tahun enam bulan penjara, dalam sidang putusan di pengadilan tipikor bandung, senin sore. selain abu bakar, mantan kadis perindustrian dan perdagangan weti lembanawati, divonis lima tahun penjara, serta kepala pengembangan dan perencanaan ambarwoto divonis empat tahun enam bulan penjara, oleh majelis hakim.

Sidang kasus suap bupati bandung barat digelar di pengadilan tipikor bandung, senin sore. sidang dengan agenda vonis tersebut menghadirkan dua terdakwa, yaitu weti lembanawati dan ambarwoto. majelis hakim memutuskan, kedua terdakwa terbukti bersalah bertindak pidana korupsi, dengan menerima suap.

Keduanya menjadi perantara mengumpulkan sejumlah dana dari para kepala dinas, untuk kepentingan kampanye pasangan elih suharliah. keduanya telah melanggar undang-undang tindak pidana korupsi nomor 12 tentang tindak pidana korupsi. terdakwa weti lembanawati divonis lima tahun penjara, sedangkan ambarwoto empat tahun enam bulan penjara.

Pada sidang kedua, terdakwa abu bakar, mantan bupati bandung barat, juga terbukti telah memerintahkan dua orang untuk memungut sejumlah uang dari para kepala dinas. uang yang terkumpul sebesar 1 koma 2 milyar tersebut, akan dipakai istri terdakwa, elih suharliah, dan pasangannya maman, yang mencalonkan diri menjadi bupati bandung barat.

Menurut kuasa hukum terdakwa, iman nurhaeman, kliennya telah menerima vonis hakim dan mendukung kepemerintahan yang baik.

Sedangkan jaksa kpu, budi nugraha menyatakan pikir-pikir. semua putusan akan dilaporkan ke pimpinan, dan menyayangkan tidak dicabutnya hak politik terdakwa.

Kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan kpk, selasa 10 april 2018 di bandung barat. kpk menangkap enam orang dan menyita uang 435 juta rupiah sebagai barang bukti.

Yuwana kurniawan, bandung tv.