Cilopang Adventure Camp Gunung Guntur Tempat Menikmati Keheningan Malam

446

Berkemah bisa jadi opsi yang menarik untuk berwisata di wilayah Kab. Garut, terutama  para kaum remaja yang terbiasa tidur di alam terbuka beralaskan matras dan sleeping bag dengan hembusan angin malam.

Dalam  cuaca cerah, berada di alam terbuka bisa mendapatkan dan menikmati sensasi suasana malam , melihat langit yang bertabur kelap-kelip bintang , ditambah  suara – suara binatang yang biasa keluar dari sarangnya pada malam hari. Suasana serupa ini menjadi kenikmatan di tengah keheningan malam di tempat yang jauh dari hiruk pikuk. Di wilayah Garut yang biasa dijadikan tempat berkemah , salah satunya Cilopang Adventure Camp di Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, berada sekitar satu kilometer dari obyek wisata air panas Cipanas Garut.

Aksebilitas menuju lokasi  cukup bagus , bila melalui jalur Rancabango  harus hati hati  karena banyak  truk pengangkut pasir. Sejauh ini belum tersedia moda transportasi umum menuju lokasi , namun para pelancong bisa menyewa ojeg  untuk menuju kesana.

Bagi para pelancong yang membawa kendaraan pribadi, ada dua akses menuju obyek, yakni melalui Cipanas atau Rancabango. Cilopang Adventure Camp dikelola secara professional dengan paket wisata untuk anak – anak,remaja dan dewasa. Pihak pengelola menyediakan berbagai wahana, antara lain untuk outbond . Selain mencoba fasilitas outbond,para pengunjung yang datang  , umumnya terpesona dengan keindahan alam di tempat ini yang berada di kaki Gunung Guntur.

Daya tarik lainnya di kawasan Cilopang adalah keberadaan danau seluas kurang lebih satu hektar, terletak tidak jauh dari lokasi tempat berkemah.Danau dengan air jernih berwarna kehijauan,  menurut masyarakat setempat airnya  tidak pernah surut atau kering, walau  musim kemarau panjang melanda. Aktivitas  di danau ini yakni berperahu , para pelancong menggunakan perahu untuk menikmati keindahan alam dari atas perahu. Danau ini memiliki kedalaman cukup bervariasi ,mulai  empat hingga 15 meter. Pelancong ,  senang berperahu karena mereka bisa melihat berbagai jenis ikan berenang kesana kemari pada air danau yang jernih. Bila Anda tergoda ingin berenang, disarankan agar memakai pelampung . Selain menikmati keindahan danau , kita juga bisa memanjat tebing batu, yang letaknya sekira 200 meter  dari arena berkemah.Tebing batu memiliki karakter unik, karena tebing  seakan menyatu dengan akar akar pohon besar yang letaknya berdampingan. Saat  memanjat tebing kita bisa meniti pada akar – akar pohon besar tersebut. (E-001) ***