PEMKOT Fungsikan Trotoar Bagi Penyandang Disabilitas

92

Pemerintah kota sukabumi mulai memungsikan trotoar bagi penyandang disabilitas di lima ruas jalan di kota sukabumi, jumat pagi. Pasalnya, selama ini trotoar yang ada, tidak ramah bagi para penyandang disabilitas. Salah satunya, masih adanya guiding blocks yang terhalang tiang listrik.

Harapan penyandang disabilitas di kota sukabumi untuk mendapatkan akses layanan publik seperti trotoar akhirnya tercapai. Pasalnya, pemkot sukabumi mulai memungsikan trotoar dengan jalur guiding blocks atau pemandu bagi penyandang tunanetra di lima ruas jalan di kota sukabumi. Diantaranya di jalan r syamsudin, siliwangi, surya kencana, re martadinata dan jalan gudang, kota sukabumi. Namun, biaya revitalisasi trotoar yang menghabiskan anggaran sebersar 12 miliar rupiah itu, masih terdapat beberapa kekurangan. Salah satunya masih adanya guiding blocks yang terhalang tiang listrik.

Kepala dinas perhubungan kota sukabumi, abdurrahman mengatakan, trotoar ini dibuat lebih humanis bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas. Selain itu, tidak boleh ada yang berjualan di atas trotoar tersebut.

Sementara itu, akbar pamungkas, seorang penyandang disabilitas mengaku senang dan terbantu dengan adanya fasilitas trotoar bagi para penyandang disabilitas.

Rencananya, revitalisasi trotoar bagi pejalan kaki dan para penyandang disabilitas, akan dikembangkan secara bertahap pada tahun 2019 mendatang sesuai dengan kemampuan dana yang dimiliki pemerintah daerah.

Budi setiawan, bandung tv.