BAWASLU Jabar Sinergikan Pengawasan Partisipatif Mahasiswa

98

Badan pengawas pemilu atau bawaslu jawa barat, menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, bagi mahasiswa se jawa barat, di salah satu hotel kota bandung. ratusan mahasiswa dari berbagai organisasi, dari mulai organisasi ekstra kampus dan internal kampus dicekoki pengetahuan, untuk bersama-sama mengawal proses demokrasi di jawa barat.

Mahasiswa sebagai agen perubahaan dan alat kontrol sosial mempunyai peranan penting dalam mengawal demokrasi hari ini, dengan kesadaran politik yang dimiliki mahasiswa, diharapkan dapat memberikan pendidikan politik bagi masyarakat.

Bawaslu jabar menganggap penting bersinergi dengan mahasiswa, salah satunya memiliki kesadaran politik yang cukup tinggi, mahasiswa pula memiliki jaringan yang sangat luas. hal ini bisa menjadi modalitas penting bagi bawaslu jabar dalam jajaran pengawas pemilu, untuk bersinergi bersama soal isu-isu strategis pengawasan pemilu, dan isu-isu partisipatif pengawasan pemilu.

Bawaslu jabar menginginkan, pengawasan pemilu yang bersinergi dengan mahasiswa mampu menjadi gerakan pengawasan publik di pemilu 2019.

Dengan begitu, pemilu di jawa barat akan melahirkan kontestasi yang fair, yang mencerahkan, mencerdaskan, tidak saling menjatuhkan, menegasikan, apalagi membangun narasi yang kebencian.

Yuwana kurniawan, bandung tv.