Pemprov Jabar Bangun 40 Proyek Strategis

100

BISNIS BANDUNG-  Sebanyak 40 proyek strategis pada tahun 2019  bakal dibangunan di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat. Untuk memudahkan pengawasan dan pembungunannya lebih fokus, maka  dalam  proses lelang dilakukan di bawah kendali langsung Pemprov Jabar.

Proyek strategis berupa infrastruktur dan kepariwisataan itu di antaranya, revitalisasi Kalimalang, Waduk Darma, Pantai Pangandaran, Situ Bagendit, Situ Ciburuy, Alun-alun Cirebon.

Lalu, Alun-alun Sumedang, Alun-alun Tasikmalaya, Alun-alun Sukabumi, Gunung Padang. Hasil penghitungan yang sudah dilakukan, estimasi anggaran untuk merealisasikannya mencapai Rp 1,5 Triliun.

Tak hanya pembangunan fisik, program yang dibuat pun menyentuh ke seluruh dimensi kehidupan, mulai pendidikan karakter, desa mandiri, kesehatan termasuk keagamaan.

Emil menyebutkan, untuk program strategis gubernur idealnya dilakukan oleh pemerintah provinsi agar memudahkan dalam pelelangan dan pengawasannya. Setelah proyek itu tuntas maka asetnya akan dikembalikan lagi ke daerah tingkat II.

“Idealnya lelang proyek  oleh Pemprov Jabar  walaupun asetnya ada di tingkat II biar enak juga mengontrolnya, nanti dikembalikan lagi ke tingkat II setelah proyek selesai,” ungkap Gubernur Jabar Ridwan Kamil,  Sabtu (5/1).

Saat ini masih  menunggu keputusan dari Kemendagri berkenaan dengan proses lelang tersebut.

“Jadi ada evaluasi dari Kemendagri terkait program strategis Gubernur, lelangnya dilakukan oleh daerah tingkat II. Tapi kami masih menunggu surat resminya karena ini baru informasi,” ucapnya.

Meski begitu, ia menegaskan akan mengawal secara ketat proyek strategisnya itu. Di Januari ini pun pria yang akrab disapa Emil ini akan mengevaluasi anggaran 2020 dengan e-budgeting. Sehingga uang triliun-triliun milik pemprov ini harus terasa betul kepada masyarakat  Jabar.(B-002)***