Komunitas Trail Adventure “Badeur” Lahir di Bandung Barat

190

Badeur (Batara Adventure Cibeber), terbentuk yang dikukuhkan menjadi bagian dari keluarga besar komunitas Bandung Trail Adventure. Badeur dikenal sebagai komunitas asal Cibeber Kabupaten Bandung Barat, sebenarnya sudah dibentuk sejak 22 Juli 2018, namun baru dideklarasikan dan diresmikan kepengurusannya pada 29 Desember 2018.

Deklarasi komunitas Badeur ini diselenggarakan dalam kegiatan “Ngegas Bareng Sambil Baksos” yang berlangsung di Villa Cieter Desa Mekarwangi, Minggu (29/12/2018). Beberapa komunitas trail yang datang dari berbagai kota di Jawa Barat memberikan dukungan atas terbentuknya Chapter Batara yang diberi nama Badeur. Mereka memberikan dorongan dan semangat agar dunia otomotif, khususnya trail adventure di Jawa Barat semakin ramai.

“Terbentuknya Badeur berawal dari persamaan pandangan beberapa anggota yang berkeinginan menjalin persaudaraan tanpa batas, sekaligus menjalin silaturahmi dengan seluruh penghobi atau pengguna motor trail. Sebab itu saya mendukung Batara agar terus mengembangkakan sayapnya, selain mempererat hubungan silaturahmi sesama penghobi trail di berbagai daerah,” kata Edi Permana, Pembina Batara.

Dalam kegiatan deklarasi tersebut, seluruh anggota Badeur bersama tamu undangan  berjelajah bersama menempuh trek sepanjang 50 kilometer dengan tingkat kesulitan esktrem tanah berlumpur yang disertai tanjakan dan turunan. Sambil berjelajah segenap komunitas Badeur melakukan aksi sosial berupa penanaman 2000 pohon kayu manis serta merenovasi rumah jompo yang berada di Desa Mekarwangi Kab. Bandung Barat.

Komunitas otomotif asal Cibeber Kabupaten Bandung Barat ini beranggotakan 97 orang yang sebagian besar anggotanya  terwujud dari keinginan para penghobi moto trail di Kabupaten Bandung Barat agar memiliki sarana untuk berkumpul, bersilaturahmi, dan berinteraksi.

“Upaya pertama yang dilakukan pengurus baru Badeur, yaitu pembenahan diri agar menjadi sebuah komunitas yang kompak, solid dan memelihara ikatan persaudaraan antar anggota. Sebagai langkah menjaring anggotanya lebih luas, Badeur akan membuka diri bagi siapa saja yang ingin atau hendak bergabung,”kata Cecep “Aday” Hendrawan, Ketua Badeur seraya menyebut sekretariat Badeur di Babakansirna RT. 03 RW 03 Desa Mekarwangi, Jalan Kehutanan Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat.

Setelah dideklarasikan, Kegiatan Badeur cukup banyak. Tidak hanya sebatas hobi trail adventure saja, secara rutin akan melakukan kegiatan bakti sosial dan lainnya. Juga akan menggelar kegiatan ulin bareng dan persiapan Diklat angkatan Batara ke-8 pertengahan tahun 2019.

Untuk melaksanakan berebagai kegiatan, dibutuhkan kordinasi serta keseragaman sikap  anggota untuk melakukan hal positif yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar. “Tumbuh dan berkembang menjadi komunitas besar, seluruh anggota Badeur agar selalu bersikap dan menjadi teladan bagi klub-klub sejenis lainnya yang juga tumbuh subur di pelosok daerah di Jawa Barat,” tambah Cecep.

(E-002)***