DOB di Jawa Barat Harus Terealisasi

102

BISNIS BANDUNG- Wakil Ketua DPRD Jabar Ade Barkah Surachman, meminta pemekaran wilayah atau Daerah Otomini Baru (DOB) di Jawa Barat harus terealisasi, mengingat luas daerah  dan  pelayanan masyarakat belum terlayani dengan baik.

”Pemekaran wilayah, harus menjadi PR (Pekerjaan Rumah)   bagi Pemprov Jabar, karena Jabar saat ini sudah tertinggal jauh dengan Jawa Timur,” ucapnya  di Lobby Gedung DPRD Jabar, baru-baru ini.

Ade Barkah menjelaskan, DOB di Jabar terhambat, karena ada beberapa kepala daerah di tingkat kabupaten/kota yang ingin tetap mempertahankan keutuhan wilayahnya. Mereka bersikap demikian karena  merasa bangga dengan luas wilayah tanpa menghitungkan jumlah penduduk yang setiap tahun semakin meningkat.

“Artinya bagi saya keutuhan wilayah NKRI bukan dalam wujud kabupaten/kota, karena semakin banyak bupati dan DPRD maka saya pikir masyarakat akan sangat terlayani,” ucapnya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  berkomitmen untuk memperjuangkan pemekaran wilayah di Jawa Barat, sejumlah daerah yang diajukan untuk dimekarkan mulai dari Garut Selatan, Cianjur Selatan, sampai Bandung Timur.

Alasan Emil, mendorong pemekaran kabupaten dan kota untuk pemerataan kesejahteraan dan peningkatan pelayanan publik di Jawa Barat.  Selama ini, bantuan dari pemerintah pusat ke Jawa Barat relatif kecil dan tidak sesuai dengan jumlah warga yang mencapai 48 juta orang.(B-002)***