Korupsi Dana Desa, Warga Kembali Gruduk Kantor ITDA

85

Puluhan warga dan serikat mahasiswa pemuda cianjur, siang tadi kembali mendatangi kantor itda kabupaten cianjur. mereka mempertanyakan sejauh mana penanganan indikasi korupsi dana desa yang dilakukan oknum kepala desa ,di kecamatan cikadu. selain itu, mereka menilai kinerja itda terkait penanganan kasus korupsi yang dilakukan oleh pemerintahan desa, kurang optimal.

Indikasi korupsi diduga dilakukan oleh oknum kepala desa, di  kecamatan cikadu, kabupaten cianjur. akhirnya, puluhan warga dan serikat mahasiswa pemuda cianjur, jum’at siang kembali  mendatangi kantor inspektorat daerah kabupaten cianjur. dalam aksinya mereka menuntut agar pihak itda kabupaten cianjur bertindak tegas dan memproses secara hukum kasus tersebut. mereka menilai kinerja inspektorat daerah kurang optimal, terkait penanganan kasus dugaan korupsi karena tidak adanya transparansi hukum terhadap pelaku korupsi. dugaan korupsi anggaran dana desa dan dana desa ini diantaranya indikasi korupsi penyelewengan anggaran belanja material atau rencana anggaran biaya, serta bantuan dana desa tahun 2017-2018 yang diduga dimanipulasi oleh pihak desa.

Menurut koordinator aksi, indikasi korupsi dana a-d-d dan d-d  tahun 2017-2018, yang dilakukan oleh pengelola kegiatan yaitu pihak pemerintahan desa kurang lebih mencapai satu miliar rupiah. selain itu, inspektorat daerah dinilai tidak serius menangani kasus tersebut.

Sementara itu menurut sekretaris inspektorat daerah, pihaknya sudah melakukan upaya penindakan dan penyelidikan ke lapangan dan menerjunkan 4 orang tim untuk melakukan proses penyelidikan. warga mengancam, apabila kasus ini tidak ditindak-lanjuti secara tegas dan transparan , mereka akan mengelar aski demo lanjutan dan membawa  lebih banyak massa.

Heri setiawan, bandung tv.