Bukit Seribu Bintang Tempat Menikmati Pesona dan Keindahan Langit

101

Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan sedang giat-giatnya mengembangkan temuan potensi obyek wisata terbaru. Di wilayah Kabupaten Kuningan khususnya, mencuat sebuah wisata baru bernama Bukit Seribu Bintang (BSB). Meski tergolong baru, tempat wisata dengan pemandangan alam yang menawan ini sudah bisa menyedot wisatawan dari berbagai daerah. Lokasi Bukit Seribu Bintang (BSB) ada di wilayah Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan Kuningan. Banyak hal menarik di Bukit Seribu Bintang ini yang membuat banyak orang penasaran untuk mengunjunginya.

Mayoritas pengunjung yang datang meluangkan waktunya untuk berkemah sambil menikmati sejuknya alam serta indahnya suasana malam di BSB yang sudah tersedia area camping ground. Pada siang hari kita akan menikmati pemandangan yang menyegarkan mata. Saat tiba malam hari, bersiaplah melihat pesona langit bertabur bintang.

Untuk menuju lokasi, mengingat medannya yang cukup menantang disarankan membawa kendaraan berpenggerak empat roda. Untuk masuk di lokasi ada retribusi yang harus dibayar, Rp 50.000 untuk pelajar, Rp 75.000 untuk mahasiswa dan Rp 100.000 untuk masyarakat umum. Dengan membayar tiket tersebut, pengujung akan mendapat bibit pohon untuk ditanam di area BSB, selain fasilitas mobil offroad 4WD dari pengelola. Fasilitas yang ada di Bukit Seribu Bintang (BSB) masih terus dikembangkan, namun di lokasi sudah tersedia warung makanan dan minuman, toilet, area parkir, gazebo dan gardu pandang. Daya tarik utama kawasan ini adalah keasrian alam yang belum banyak terjamah tangan – tangan jahil. Saat berkemah disini, kita akan merasakan hangatnya sinar mentari pagi menembus kulit.

Menikmati hembusan angin malam sembari menatap bintang saat traveling di alam adalah salah satu hal yang dinanti ketika malam tiba. Apalagi bagi traveler yang berasal dari kota besar, menemukan bintang bertabur di langit merupakan hal yang jarang terjadi karena terbilas kilau cahaya lampu bertenaga listrik.

Berada di ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut, pada malam hari apabila cuaca mendukung, selain bisa melihat bintang bertaburan di langit dari atas ketinggian bukit. Menikmati suasana di BSB dari pagi hingga sore hari terasa nyaman. Pada siang hari bisa menikmati hamparan hijau dari atas bukit yang terasa kontras dengan birunya langit. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan selain relaxing dan refreshing adalah melakukan penanaman pohon di area Bukit Seribu Bintang.

Aktivitas favorit pelancong lainnya ialah melihat Gunung Ciremai dari sudut pandang lain, hal ini karena tempat ini berada di ketinggian 1000 mdpl, sehingga gunung tertinggi di Jawa Barat ini terlihat sangat gagah. BSB, meski belum terlalu lama dibuka, namun bagi pelancong tidak bisa dipungkiri kawasan ini menjadi favoritnya, terutama para pelancong penyuka kegiatan alam bebas yang datang dari berbagai daerah. (E-001) ***