Bupati Dony : Prestasi Membanggakan Atlit Motor Cross Minim Publikasi

83

BISNIS BANDUNG РBupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir mengapresiasi croser asal Sumedang Iwan Hermawan (29) atas torehan prestasinya di kancah nasional. Iwan  merupakan warga Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, menjuarai 4 seri Kejuaraan Super Cross tingkat nasional di Banyuwangi, Cianjur, Malang dan Kediri.
Bupati Dony mengaku, bangga dengan kiprah Iwan yang dirasa minim publikasi. Padahal dengan segudang prestasinya, Sumedang mempunyai banyak potensi di bidang olahraga motor trail.

Untuk itulah, pihaknya akan memperhatikan siapapun atlit berprestasi di event nasional maupun internasional, dengan memberikan wahana dan peluang kesempatan kedepannya.
“Ke depan kita sedang merencanakan event motor cross seri Nasional di Sumedang,” ujarnya kepada wartawan usai bersilaturahmi dengan croser Iwan Hermawan di Ruangan Tengah Gedung Negara, Selasa sore (15/01/2019).

Dikatakan Dony, peluang event skala nasional itu tidak akan sulit, terlebih Iwan Hermawan sudah mempunyai akses dan jalur kordinasi yang baik dengan organisasi yang menaungi komunitas otomotif, yakni Ikatan Motor Indonesia (IMI). Wahana trek motor cross letaknya di Desa Raharja berdekatan dengan arena pacuan kuda Tanjungsari. Iwan juga membuka sekolah balapan cross bagi yang ingin menekuni olahraga motor trail.

“Tadi saya sudah mendengar bagaimana kiprahnya, mudah-mudahan ini bisa meregenerasi atlit-atlit baru di Sumedang. Kalau kita sekarang memberikan perhatian, setidaknya regenerasi itu akan tetap berjalan secara berkelanjutan. Apalagi nanti kalau event cross ada disini, akan menjadi daya tarik wisata bagi Sumedang,” ujar Bupati.
Dony menambahkan, selain arena sirkuit motor cross, pihaknya juga akan memberikan perhatian pada cabang olahraga road race dengan menyediakan sirkuit yang multifungsi.
“Insyaallah rencananya akan diproyeksikan di kawasan Islamic Center sampai GOR Tajimalela, “ungkap Dony.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Agus Sukandar juga mengapresiasi prestasi yang diraih Iwan. Agus akan mengupayakan langkah kongkrit dengan menggelar event kejurnas motor cross di sirkuit yang dimiliki oleh Iwan.
“Kebetulan Iwan memilikisirkuit standar internasional. Ini akan kita manfaatkan untuk seri kejurnas di Sumedang, ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada warga Sumedang yang telah menorehkan prestasi. Insyaallah nanti akan kita petakan bagaimana bentuknya sesuai dengan kemampuan daerah,” kata Agus.
Meski demikian diakui Agus, sirkuit yang dimaksud perlu ada pembenahan dan perbaikan infrastruktur sesuai dengan aturan perundang-undangan. Artinya, sejauh mana pemerintah bisa membantu dalam aspek lainnya. Bahkan jika diperlukan pihaknya akan berkolaborasi dengan swasta.

“Selama ada payung hukumnya, Pemkab akan memberi stimulus, karena ini akan bermanfaat bagi pariwisata Sumedang, selain aspek olahraganya,” ujarnya.
Agus menambahkan, selama ini super cross sangat jarang terekspos dibanding cabang olahraga yang ada di KONI untuk kepentingan Porda dan PON.
“Kita kemarin harus fokus ke event prioritas yang ada. Sekarang kan ada potensi lain, dan Pemerintah Daerah akan mengapresiasi dalam bentuk apapun sepanjang payung hukumnya jelas,” terang Agus.

Sementara itu, Iwan Hermawan mengaku bangga, dengan apresiasi dari Bupati Sumedang. Iwan berkomitmen akan terus berkontribusi demi mengharumkan nama Sumedang khususnya di bidang motor cross.
“Ini merupakan kali kedua saya diapresiasi oleh Kepala Daerah (sebelumnya Bupati Don Murdono). Saya menyalurkan hobi saya sejak kecil untuk mengurangi budaya balapan liar dikalangan pemuda. Oleh sebab itu, saya akan terus mengembangkan potensi ini, sekaligus untuk membentuk regenerasi dan raihan prestasi yang lebih baik,” tutur Iwan.

Iwan Hermawan merupakan atlit berprestasi asal Tanjungsari yang sudah menjuarai berbagai ajang kejuaraan nasional hingga tingkat Internasional. Tak sampai disitu, Iwan juga pernah berlaga di Timur Tengah dan berkiprah satu tahun di Australia. Prestasi terbaru yang diraihnya adalah Juara 1 Kejurnas Super Cross kelas 450 cc yang diraih di 4 seri yang diselenggarakan di Cianjur, Kediri, Malang dan Banyuwangi.(E-010) ***