Deklarasi Forum Mitra Konservasi Tahura Djuanda Untuk Patuhi Rambu Konservasi

132

Forum Mitra Konservasi Tahura Djuanda merupakan wadah berbagai komunitas yang melakukan aktivitasnya di Tahura Djuanda. Forum ini sangat peduli pada Tahura Djuanda sebagai satu satu paru – paru bagi Kota Bandung. Melalui sebuah deklarasi, forum komunitas serta pengelola Tahura Djuanda melakukan sinergi dalam aktivitasnya dengan tetap mematuhi dan berpegang pada rambu – rambu konservasi. Pihak Tahura Djuanda mengharapkan, agar Tahura bisa memberikan manfaat, tidaka hanya bagi mitra konservasi, namun lebih jauh bisa memberdayakan masyarakat sekitar Tahura Djuanda.

Deklarasi digelar pada Senin 14 Januari 2019 yang dihadiri 30 mitra konservasi. Momen deklarasi ini bertepatan dengan hari ulang tahun Tahura Djuanda ke 34, dihadiri Kepala UPTD Tahura Djuanda dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat digelar di plaza Djuanda. Acara deklarasi dimulai dengan kegiatan seremoni serta sambutan – sambutan dari pihak terkait. Setelah itu Kepala UPTD Tahura Djuanda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ketua Forum Mitra Konservasi menandatangani piagam deklarasi Mitra Konservasi.

Deklarasi ini menandai kerja bersama yang akan dilakukan oleh Mitra Konservasi bersama Tahura Djuanda dalam merumuskan formula berbagai kegiatan yang dilakukan di dalam kawasan Tahura Djuanda. Fungsi konservasi merupakan benang merah yang tidak boleh dilanggar oleh Mitra Konservasi yang erat hubungannya dengan keberadaan Tahura Djuanda sebagai ekosistem yang berperan penting dalam kelangsungan hidup warga Kota Bandung. Diharapkan aktivitas yang dilakukan oleh Mitra Konservasi di kawasan Tahura Djuanda akan memberikan dampak positif bagi mitra maupun pihak Tahura.

 Masyarakat sekitar Tahura Djuanda terdiri dari beberapa desa, melalui deklarasi ini mereka diharapkan bisa memperoleh dampak positif, salah satu bentuk konkritnya, mereka bisa mengolah lahan Tahura dengan berpegang pada rambu – rambu konservasi. Pemberdayaan masyarakat sekitar adalah tujuan utama yang ingin dicapai oleh semua pihak yang mendeklarasikan kemitraan. Deklarasi ini menjadi proyek percontohan bagi Tahura lainnya diseluruh Indonesia dalam mengelola aset dengan menggandeng komunitas pecinta kegiatan alam terbuka untuk berkegiatan di lingkungan Tahura dengan berpegang teguh pada rambu- rambu konservasi. (E-001) ***