Desa Wisata Setia Negara Menjual Sensasi Alam

361

Objek wisata di Kabupaten Kuningan semakin bertambah. Dari sekian banyak objek wisata yang mendapat julukan Kota “Kuda” Kuningan, mayoritas masih mengunggulkan panorama alam sebagai jualannya.

Perjalanan Mandalawangi di Kuningan kali ini mengunjungi sebuah Desa Wisata Setianegara di wilayah Kecamatan Cilimus yang terdiri dari beberapa dusun, antara lain Dusun Sigobang, Pahajen, Peundeuy, Sikuya, Cilengkeng, Kebon Cau, Karang Anyar, Pakancilan dan Raga Sakti.

Wilayah Desa Setianegara bagian selatan berbatasan dengan Desa Linggarjati, sebelah timur berbatasan dengan Desa Lingga Indah, sebelah utara berbatasan dengan Desa Cibeureum, sebelah barat berbatasan langsung dengan Hutan Lindung Gunung Ciremai. Desa Setianegara sering disebut Gunung Deukeut yang berarti desa yang paling dekat dengan gunung.

Kawasan hutan Setianegara menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, alamnya asri dan sejuk. Kawasan hutan ini mempunyai pemandangan alam yang indah serta lingkungan yang asri. Potensi wisata di hutan Desa Setianegara, diantaranya :

Potensi Agrowisata

Komoditi agrowisata yang sekarang sedang dikembangkan adalah budidaya tanaman apel, murbei dan nilam.

Wisata Pengetahuan

Kawasan hutan  di Desa Setianegara dapat menjadi objek wisata pengetahuan  bidang vulkanologi, ekologi, konservasi, hidrologi, geografi, geologi, outbound dan pertanian.

Olahraga

Jenis olahraga yang dapat dirancang sesuai dengan kondisi medan adalah offroad, gantole, berburu dan motor cross.

Berkemah

Kegiatan berkemah berkemah di Desa Setianegara  sudah demikian populer di kalangan masyarakat.

 Potensi itu, kini mulai digarap oleh masyarakat setempat, beberapa diantaranya sudah mulai dilirik dan dikunjungi pelancong. Wisata alam sebagaimana diketahui merupakan jenis wisata yang tidak akan lekang oleh jaman. Inovasi menjadi mutlak dilakukan agar tempat wisata bisa menarik pelancong, selain kelengkapan fasiltas pendukung wisata yang juga mutlak dibenahi agar pelancong betah berlama lama menghabiskan waktu liburnya. Kawasan Desa Wisata Setianegara cukup mudah dijangkau, aksebilitas menuju lokasi tidak terlampau sulit dari pusat Kota Kuningan jaraknya tidak terlampau jauh. Untuk sarana penginapan terdapat dikawasan Sangkan hurip yang memiliki sumber air panas alami, namun demikian tidak sedikit pelancong ke Desa Setianegara berkemah untuk menikmati sensasi alam terbuka. (E-001) ***