Jumlah Anggota Bertambah Anggaran Sekwan Meningkat

85

BISNIS BANDUNG- Anggaran belanja Sekretariat DPRD Jawa Barat  (Sekwan) periode 2019  dipekirakan  meningkat  20  persen dari anggaran periode 2018 sebesar  Rp87 miliar. Kenaikan anggaran  tersebut sebagai konsekuensi logis  dengan bertambahnya jumlah anggota yang semula 100  menjadi 120 orang.

“Saya belum cek  untuk anggaran  2019, yang pasti tidak jauh dari tahun  sebelumnya,” kata Ketua DPRD Jabar, Ineu  Purwadewi Sundari di pressroom Gedung DPRD Jabar, Senin (14/1/2019).

Ineu mengisyaratkan,  pada  anggaran belanja daerah perubahan (APBDP) 2019, bakal ada kenaikan anggaran belanja DPRD Jabar.

“Nanti dipertengahan ada kenaikan, mungkin  meningkat sekitar seperlima dari anggaran saat ini, karena jumlah anggota dewannya bertambah,” katanya seraya menyebut nanti per 1 September 2019 jumlah anggota DPRD Jabar periode 2019-2024 bertambah 20 orang dari 100 menjadi 120 orang.

Ineu mengharapkan kepada seluruh warga Jawa Barat untuk memanfaatkan momen demokrasi pada Pileg tanggal 17 April 2019 untuk datang ke TPS (tempat pemungutan suara) memberikan hak suara. Ditanya kondisi serapan anggaran Sekwan, ia menyatakan  nyaris sempurna yakni 99,73 persen dari  total anggaran  Rp87,03 miliar.

“Saya mengapresiasi dengan penyerapan anggaran, artinya pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran di DPRD  dipantau dengan baik, dilakukan dengan baik, sehingga pada akhir pelaporan, dari semua OPD, DPRD salah satu yang penyerapan anggarannya terbaik,” katanya.

Politisi PDIP Dapil  Subang, Majalengka, Sumedang (SMS) berharap penyerapan anggaran yang bagus itu disertai dengan  output dan outcome dari pelaksanaan kegiatan-kegiatan di DPRD Jabar.

“Kalau bagi DPRD  tentunya suporting dari Sekretariat DPRD terhadap pelaksanaan fungsi DPRD bisa dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Fungsi DPRD Jabar yang dimaksud Ineu tidak lain adalah fungsi DPRD sebagaimana diatur berdasarkan UU No.32/2004, UU No.27/ 2009, PP No.41/2007, dan Perda No.20/2008, seperti melaksanakan fungsi pengawasan, pembentukan perda, pelaksanaan anggaran, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, ia berharap penyerapan anggaran yang tinggi di Sekretariat DPRD Jabar, selaras dan  berkolerasi secara langsung terhadap penegakkan kerja di DPRD Jabar.

“Ke depan baik kegiatan dewan atau kepentingan sekretariat dewan ini  betul-betulkan terencana dengan baik seperti saat ini, “tuturnya.(B-002)***