Inflasi Tinggi, 10 Pasar Akan Direvitalisasi

60

Tingginya tingkat inflasi di jawa barat yang mencapai tiga koma lima puluh empat persen year on year, membuat tim pengendali inflasi daerah atau tpid melakukan beberapa langkah. salah satu langkah yang dilakukan, yaitu membangun pasar induk dan merevitalisasi sepuluh pasar di jawa barat.

Pada rapat koordinasi tim pengendali inflasi daerah atau tpid jabar, jumat pagi di gedung sate bandung terungkap, berdasarkan data bps, inflasi jabar mencapai 3 koma 54 persen year on year, lebih tinggi dari nasional yang mencapai 3 koma 13 persen. hal tersebut disebabkan beberapa hal, diantaranya beras, pendidikan, bahan pangan, biaya transportasi, dan infrastruktur.

Mengatasi harga beras, sekretaris daerah jawa barat, iwa karniwa mengatakan, bulog mengadakan operasi pasar secara harian, dengan rata-rata seratus truk yang berisi seribu ton beras didistribusikan ke masyarakat. selain itu, badan usaha desa pun dirorong untuk menyediakan permodalan bagi para petani. sedangkan di bidang pendidikan, diberlakukan batas atas sumbangan pendidikan bagi orang tua.

Di bidang pangan, akan didirikan komunitas telur ayam dan daging ayam ras dengan penguatan reproduksi center. pada 2019 pun jabar akan memiliki pasar induk seperti halnya jakarta, dengan dukungan pemerintah pusat. selain itu, 10 pasar akan direvitalisasi dengan anggaran dari apbd mencapai kisaran 20 milyar rupiah.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur yang masif mendorong terjadinya kenaikan upah tukang non mandor yang cukup tinggi. mengatasinya, hal tersebut akan dikaji dengan dinas tenaga kerja.

Budi hartati, bandung tv.