Inspiratif, Ruang Kelas Miliki Fasilitas Toilet

63

Sekolah Dasar Negeri Pameuntasan 2 yang terletak di desa Pameuntasan, kecamatan Kutawaringin, kabupaten Bandung, memiliki fasilitas toilet di setiap ruangan kelas. Meskipun terbilang memiliki ruang kelas yang sangat sempit, namun untuk  menciptakan suasana baru di ruang kelas yang refresentatif agar siswa tidak keluar dari ruang kelas.

 Sekolah Dasar Pameuntasan 2 memiliki inovasi di empat ruang kelas memiliki toilet, hal tersebut digagas langsung kepala sekolah SD Negeri  Pameuntasan 2. Keprihatinan dengan situasi toilet tunggal di sekolah tersebut yang kerap kekurangan air saat musim kemarau. Toilet adalah fasilitas yang vital dan mutlak harus ada di sekolah. Toilet tersebut berukuran 1,5 meter ke 1,5 meter dan terletak di bagian sudut ruangan kelas, hingga saat ini, terdapat total 4 toilet yang berada di empat ruangan kelas sd negeri  pameuntasan 2.

Guru SD Negeri Pameuntasan 2, Maya, dengan adanya toilet didalam ruang kelas sangat efektif, dalam satu kali belajar ada 10 kali siswa sering keluar untuk ke toilet. Hal itu membuat kegiatan belajar mengajar terganggu, padahal siswa tersebut tidak pergi ke toilet melainkan pergi ke kantin untuk jajan, dengan adanya toilet didalam kelas siswa terpantau oleh guru yang mengajar.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah, atau UPTD Kutawaringin, Endi Suhendi, meski terbilang ruang kelas sempit, dengan adanya keberadaan toilet di dalam kelas juga membantu membentuk karakter siswa menjadi lebih tertib dan disiplin, pengalaman menggunakan toilet di dalam kelas dinilai dapat dijadikan bahan ajaran bagi siswa untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Diharapkan keberadaan sarana-prasarana ini dapat membuat siswa lebih baik, hal ini bisa dijadikan sumber ilmu, sebagai media pembelajaran yang baru.

rezytia prasaja, bandung tv,