Jelang Unbk, Ratusan Siswa Dimintai Iuran

62

Jelang Unbk, Ratusan Siswa Siswi Di Smp Negeri Satu Sindang Barang, Dipungut Iuran Untuk Sewa Gedung Sebesar Seratus Ribu Rupiah Persiswa. Hal Tersebut Membuat Sejumlah Orang Tua Siswa Merasa Keberatan, Meski Sudah Dispepakati Melalui Rapat Komite Sekolah.

Dua ratus enam siswa-siswi peserta ujian nasional berbasis komputer atau unbk, di smpn satu sindang barang, kecamatan sindang barang, kabupaten cianjur, dikenakan pungutan liar pihak sekolah, untuk pembiayaan sewa gedung dan komputer sebesar 100 ribu rupiah persiswa. hal tersebut membuat sejumlah orang tua murid merasa keberatan. namun, pihak sekolah tetap membebani orang tua murid, dengan alasan untuk menyewa gedung dan komputer di sman satu sindang barang, demi kelancaran unbk.

Menurut orang tua siswa, saat rapat dengan pihak sekolah dan komite, untuk unbk siswa awalnya dibebani 150 ribu. namun, khawatir terlalu mahal, pungutan menjadi 100 ribu rupiah persiswa. dari hasil kesepakatan rapat komite sekolah, uang tersebut untuk sewa gedung dan komputer.

Zaenal juga mengatakan, bukan hanya unbk yang dibebankan ke siswa. pembelian 120 unit meja dan kursi juga dibebankan ke siswa kelas tujuh dan delapan, dengan pungutan 150 ribu, sedangkan siswa kelas 9 dibebani 230 ribu rupiah persiswa.

Sementara itu, kepala smpn 1 sindang barang, entang rohadi mengakui, pihak sekolah memang membebani siswa untuk pelaksanaan unbk. entang berkilah, sekolahnya tidak memiliki komputer. padahal, tahun ini anak didiknya harus melaksanakan unbk.

Menurutnya, pungutan tersebut sudah sesuai kesepakatan antara orang tua, komite sekolah, dan pihak sekolah.

Heri setiawan, bandung tv.