Kendang Sumedang Peminatnya Sampai Mancanegara

85

Kerajinan alat musik tradisional seperti kendang yang di buat pengrajin asal Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat. Tak hanya laku dijual ke sejumlah daerah di Indonesia, namun hingga menembus pasar internasional seperti Jerman dan Italia.

Di bengkel pembuatan kendang  yang sederhana ini, Nana di bantu dengan kedua anaknya melakukan pembuatan gendang di dusun Nyalindung, desa Cimangung, kecamatan Cimangung Sumedang. Dari mulai proses memotong kayu gelondongan sampai siap untuk dijual ia kerjakan dengan alat sederhana. Berkat hasil karyanya tersebut kini telah menembus ke beberapa negara di Eropa.

Setiap harinya membuat kendang pesanan dari beberapa distributor yang berada di beberapa kota dan kabupaten seperti Bandung, Indramayu, Cirebon dan Tasikmalaya untuk di ekspor kembali ke luar negeri. Satu set yang terdiri dari 3 gendang tersebut ia jual 5 ratus ribu rupiah hingga 8 ratus ribu rupiah. Dalam sehari dirinya bisa mengerjakan 3 set kendang. Bahan baku yang digunakan dari pohon buah  nangka dan pohon buah mangga yang dikirim langsung dari garut dan sumedang,sedangkan untuk kulit kerbaunya diperoleh dari Cirebon.

Kualitas gendang buatan miliknya berbeda dengan gendang yang di produksi di tempat lain, mulai dari kualitas suara dan bentuknya yang berbeda  karena  kendang buatannya  berbeda dari bobokan dalamnya. Saat ini , ia telah memiliki tiga mesin bubut rakitan, itupun hasil rakitan nya sendiri. Dirinya memulai pembuatan kerajinan gendang sejak tahun 2014.

 

diki guntara, bandungtv.