Ridwan Kamil Akan Revitalisasi Wisata Ciburuy

121

Pemerintah provinsi jawa barat akan segera memiliki kawasan wisata air terbesar di situ ciburuy/ padalarang/ kabupaten bandung barat. nantinya/ situ tersebut akan memiliki berbagai wahana wisata/ termasuk pasar dan jembatan terapung/ kebun bunga/ hingga pusat kuliner serta souvenir/ untuk menyaingi kawasan wisata lembang.

Bupati bandung barat/ aa umbara sutisna/ mendampingi sejumlah konsultan dan tim kajian dari pemerintah provinsi jawa barat/ meninjau ke lokasi wisata danau atau situ ciburuy di padalarang. kegiatan ini merupakan langkah cepat dari tim konsultan bersama pemkab bandung barat/ terkait rencana gubernur jawa barat/ yang akan menata ulang sekaligus merevitalisasi situ di jawa barat ini.

Kondisi situ ciburuy yang memiliki luas sekitar 40 hektar/ di jantung kota padalarang tepatnya di jalan raya padalarang-cianjur/ kurang terawat dalam 10 tahun terakhir. melihat kondisi inilah/ mulai awal pekan depan/ pemprov jabar akan menata dan merevitalisasi situ ciburuy.

Penataan ulang situ ciburuy langsung didesain ridwan kamil. nantinya/ situ ciburuy akan menjadi wisata air terbesar dengan menawarkan sejumlah wahana menarik. salah satunya/ situ ciburuy akan memiliki wajah baru dengan floating market atau pasar terapung dan juga jembatan di tengah danau. selain itu/ ada beberapa area taman di tengah danau dan juga jogging track/ sehingga akan lebih menarik pengunjung. pemprov jabar akan menggelontorkan anggaran 30 milyar rupiah untuk revitalisasi situ ciburuy/ dan ditargetkan rampung awal tahun 2020.

Situ ciburuy merupakan salah satu wisata ternama di jawa barat/ hingga muncul lagu daerah yang melegenda berjudul bubuy bulan. namun/ pengelolaan dan tata kelola wisata yang tidak maksimal/ membuat situ ciburuy tak terawat. padahal/ lokasi wisata ini dilintasi pengguna jalan nasional dari arah jabodetabek. setelah revitalisasi rampung/ situ ciburuy akan menjadi pesaing kawasan wisata lembang.

Algi muhammad gifari/ bandung tv.