Tingkatkan Kreatifitas Anak Melalui Kompetisi Kincir Angin

75

Puluhan siswa SD dan SMP  mengikuti kompetisi merakit kincir angin berbahan baku barang-barang bekas, di Lembang kabupaten Bandung Barat.  Tujuan dari kegiatan ini agar siswa bisa mengenali dan mencintai lingkungannya.

 Dengan  mengusung tema save energy and create a green life, para siswa diberi pemahaman dan pelatihan  agar barang yang tidak terpakai di lingkungan sekitar bisa dimanfaatkan. Instruktur yang terlibat dalam kegiatan ini ada sebagian merupakan  yang pernah mengikuti pelatihan di national ae-ronautics and space administration, Nasa, Amerika. Tujuan dari kegiatan ini agar siswa bisa mengenali dan mencintai lingkungannya serta mengenali bakat yang dimiliki.

Para peserta adalah siswa dari kelas 4 sd sampai 3 smp, masing-masing peserta diberikan material botol plastik, styrofoam, stik bekas es krim, dan kertas karton. Mereka diberikan kebebasan untuk berkreasi sesuai dengan daya imajinasinya dalam menghasilkan karya. Masing-masing akan dinilai sesuai dengan fungsinya yakni kincir angin yang bisa menghasilkan energi gerak.

Para siswa mengaku mendapatkan ilmu berharga setelah mengikuti pelatihan dan kompetisi ini. Sebab, mereka bisa langsung mempraktikan ilmu yang didapat untuk membuat kincir angin agar bisa menghasilkan energi gerak untuk menarik sebuah benda.

algi m gifari, bandung tv.,