1 Rumah Warga Rusak Parah Akibat Longsor Tebing

56

Satu keluarga nyaris tertimbun material tanah, akibat longsor tebing setinggi tiga puluh meter, di lembang, kabupaten bandung barat. longsor terjadi pasca hujan deras mengguyur kawasan bandung raya, minggu malam. selain merusak satu unit rumah, longsor juga mengancam sepuluh rumah warga lainnya di lokasi kejadian.

Satu rumah warga rusak parah dan sepuluh lainnya terancam bahaya, akibat longsor tebing setinggi 30 meter di desa gudang kahuripan, lembang, kabupaten bandung barat, minggu malam. longsor mengakibatkan dinding salah satu kamar rumah warga jebol, dan nyaris menimbun satu keluarga yang terdiri dari tujuh jiwa.

Hujan deras yang mengguyur kawasan bandung raya minggu malam, menyebabkan kondisi tanah di kawasan tebing lokasi kejadian, tidak stabil. tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. namun, warga mengaku was was akan terjadi longsor susulan.

Hingga senin pagi, warga dibantu pemerintah desa dan tni, masih membersihkan material tanah yang menimbun salah satu bagian rumah warga. selain itu, mereka juga memasang tiang penyangga longsor seadanya, dengan menggunakan bambu.

Pemilik rumah mengatakan, saat kejadian, seluruh anggota keluarganya sedang menonton televisi di ruang tengah. namun, tiba-tiba dikagetkan oleh bunyi keras dari material tanah, yang menjebol salah satu kamar rumahnya tak lama setelah hujan deras reda.

Kepala desa gudang kahuripan, agus karyana mengatakan, sedikitnya ada lima titik di desa gudang kahuripan yang rawan bencana tanah longsor. pihaknya berencana akan memberikan bantuan bagi korban longsor, berupa perbaikan rumah.

Akibat kejadian itu, satu keluarga diungsikan untuk sementara waktu. sedangkan untuk mengantisipasi longsor susulan, pihak aparatur desa menerapkan sistem jaga malam di kawasan tebing tersebut.

Algi muhammad gifari, bandung tv