7 Terdakwa Pengeroyok Haringga Terancam 12 Tahun Penjara

145

Tujuh pelaku dewasa  kasus pengeroyokan suporter persija jakarta, haringga sirila, menjalani sidang perdana di pengadilan negeri bandung, selasa siang. ketujuh terdakwa yang diduga otak dari penganiayaan tersebut, didakwa pasal berlapis, yakni pasal satu tujuh nol kuhp tentang penganiayaan, dan pasal tiga-tiga delapan kuhp tentang pembunuhan, dengan ancaman hukuman maksimal untuk penganiayaan 12 tahun.

Sidang perdana kasus pengeroyokan anggota the jack mania, haringga sirila, dengan tujuh terdakwa dewasa yakni cg, aa, ds, ga, bd, ada, dan js, digelar di pengadilan negeri bandung, selasa siang, dipimpin majelis hakim m basir, dengan agenda dakwaan jaksa.

Dalam dakwaanya, jaksa penuntut umum yang diketuai melur kimaharandika, mendakwa ketujuh terdakwa yang merupakan otak penganiayaan tersebut, dengan pasal berlapis yakni 170 kuhp tentang penganiayaan, dan 338 kuhp tentang pembunuhan, dengan ancaman hukuman maksimal untuk penganiayaan 12 tahun.

Menanggapi dakwaan jaksa tersebut, kuasa hukum terdakwa, dadang sukmawijaya mengaku, tidak akan mengajukan eksepsi, dan akan dibuktikan pada persidangan.

Sebelumnya, ketujuh tersangka diamankan aparat kepolisian, setelah terbukti dinyatakan berasalah karena terlibat pengeroyokan terhadap suporter persija, haringga sirila hingga tewas, saat pertandingan  antara persib versus persija, di stadion bandung lautan api 23 september 2018.

7 dari 14 pelaku yang masih di bawah umur, telah disidangkan, dan divonis penjara. satu diataranya divonis bebas.

Yuwana kurniawan, bandungtv.