Citarum Akan Dikelola Unit Kerja Khusus Di Jalan Naripan

92

Gubernur jawa barat ridwan kamil optimis, penanganan citarum akan lebih baik di tahun 2019. untuk mencapai hal tersebut, pihaknya membentuk unit kerja khusus citarum, sebagai pusat komando yang berkantor di jalan naripan, mulai februari.

Usai evaluasi penanganan sungai citarum selasa pagi, di graha menggala siliwangi, gubernur jawa barat ridwan kamil mengatakan koordinasi sudah dirancang sangat juara, sehingga tidak ada lagi pekerjaan yang tidak sinkron untuk penanganan citarum. untuk menyatukan puluhan elemen yang bekerja demi citarum, dirinya pun membentuk unit kerja citarum yang berkantor di jalan naripan mulai februari, sebagai pusat komando. pihaknya pun sedang menunggu anggaran enam ratus milyar dari pemerintah pusat, yang setengahnya akan digelontorkan untuk tni. anggaran tersebut salah satunya untuk membeli 10 ekskavator, dan membangun setidaknya 2 ribu mck di wilayah citarum.

Untuk menangani citarum, gubernur pun membuat kerjasama penataan sungai citarum di daerah bojongsoang untuk menjadi daerah wisata. selain itu, akan dibuat danau retensi tambahan karena cieunteung tidak cukup menampung aliran air banjir. tidak hanya itu, pembangunan terowongan curug jompong yang menelan biaya 200 milyar rupiah pun akan selesai akhir tahun ini.

Untuk mengatasi koordinasi yang seringkali terjadi saling melempar tanggung jawab, unit kerja citarum akan membeli sendiri truk sampah hingga mengelola pembuangan sampai akhir. gubernur pun menyatakan, awal februari akan direncanakan aksi selanjutnya untuk penanganan citarum.

Budi hartati, yuwana kurniawan, bandung tv.