Karang Gajah Dengan Deburan Ombak Besar Surga Bagi Penggila Mancing

261

           GARUT memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 80 kilometer yang memiliki lebih dari 12 pantai obyek wisata. Kekayaan alam ini, oleh Pemerintah Kabupaten Garut mulai dikembangkan dalam program wisata pantai andalan untuk meningkatkan pendapatan daerah. Ke 12 obyek wisata pantai dibagi berdasar karakteristik pantai, sebab daya tarik pantai berbeda seperti pantai pasir putih kecoklatan (mengandung pasir besi) dan pantai berkarang. Pada pantai berpasir seperti di Sancang, Santolo atau Gunung Sulah, pengunjung sering menghabiskan waktunya.

Sedangkan di pantai berkarang, sebut saja Karang Gajah, Cijeruk Indah, Karang Paranje, Cijayana, Gunung Geder dan Manalusu, aktivitas wisatawan adalah menikmati pemandangan laut lepas dari saung-saung yang tersedia di pinggiran pantai. Namun, hal ini bukan berarti wisatawan hanya dapat melakukan kedua kegiatan tersebut di pantai Garut Selatan, ada aktivitas lain karena masing-masing pantai menawarkan keunikan tersendiri bagi pengunjung.

Salah satu pantai yang memiliki keunikan tersendiri adalah Karang Gajah yang terletak di Desa Sancang tepatnya di daerah Cibako , berjarak kurang lebih 20 kilometer dari Pamengpeuk melalui arah  Cigodeg menuju  Miramareu. Karang Gajah  menawarkan keindahan karang yang terbentuk secara alami. Akses menuju obyek itu hanya bisa ditempuh menggunakan sepeda motor dan belum ramai dikunjungi. Kendaraan roda empat, bisa dititipkan di rumah-rumah penduduk di Desa Sancang , kemudian sewa ojek atau berjalan kaki. Sebaiknya berkunjung ke tempat wisata ini saat cuaca sedang bersahabat. Saat air laut sedang surut dan sinar matahari tidak begitu terik.

Di Karang Gajah , berdiri kokoh karang besar menonjol ke laut dengan terpaan deburan ombak besar dan pemandangan indah. Di area Karang Gajah, suhu udara tidak terlalu panas karena dikelilingi oleh hutan Sancang dan di sepanjang pantainya tumbuh pohon-pohon yang rimbun, selain beberapa gubuk tempat istirahat nelayan . Untuk melihat lebih dekat Karang Gajah kita harus melalui sisi batuan di pinggir pantai yang cukup berbahaya bila air laut sedang pasang. Oleh karena itu bila melancong ke tempat itu sebaiknya membawa penduduk sekitar sebagai pemandu karena penduduk sekitar telah memahami kondisi alam di Karang Gajah yang bisa meminimalisasi risiko kecelakaan. Aktivitas yang bisa dilakukan di Karang Gajah selain menikmati keindahan alam adalah memancing karena ikan – ikan di kawasan itu   besar – besar. (E-001) ***