Leuwi Korsi Aliran Air di Antara Tebing Tinggi

113

Kerajinan kulit serta dodol, dua hal yang identik dengan Garut yang selama banyak diminati wisatawan. Di samping itu Kabupaten Garut, banyak memiliki obyek wisata alam. Misalnya, keindahan pantai serta kawasan pegunungan yang banyak menyimpan berbagai daya tarik, di antaranya sebuah air terjun berkubang, dalam bahas Sunda disebut leuwi  yang memiliki keindahan pantas untuk dieksploitasi. Leuwi tersebuat populer dengan sebutan Leuwi Korsi berada wilayah Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang.

             Untuk menuju tempat wisata itu, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan menuju arah selatan Kota Garut melalui Sasak Rumpit dan Jalan Raya Cisompet. Berjarak kurang lebih 66 km dari pusat kota, perjalanan memakan waktu sekira dua jam. Sesampainya di plang penunjuk lokasi, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan trekking di dalam hutan. Letak Leuwi Korsi yang tersembunyi, karenanya wisatawan disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman. Perjalanan menuju tempat wisata cukup melelahkan dengan medan jalan yang dilalui berbatu. Namun perjalanan akan terasa menyenangkan, dimanjakan dengan hijaunya pepohonan pinus.

            Udara segar khas pegunungan membuat betah berlama-lama di obyek yang dikunjungi. Bukan hanya kejernihan air sungai yang memesona, pengunjung juga dapat menikmati keindahan tebing-tebing batu yang seolah tersusun mengapit aliran air. Bebatuan yang disebut Columnar Joint membentuk tempat duduk yang kece untuk dijadikan spot foto. Bukan sembarang batu, banyak yang menduga, tempat itu merupakan salah satu situs megalitikum yang ada di Indonesia. Aliran yang tak deras membuat air di Leuwi Korsi cukup tenang. Karena itu pula, tidak sedikit dari pengunjung yang belajar berenang di sungai itu. Beberapa di antaranya ada juga yang memilih berjemur dan menikmati pepohonan hijau di sekelilingnya Para pelancong yang umumnya berasal dari wilayah Kabupaten Garut dan sekitarnya mengetahui Leuwi Korsi dari media sosial. Fasilitas penunjang di area Leuwi Korsi belum memadai, hingga menjadi wajib disediakan agar semakin banyak pelancong datang untuk menikmati keindahan Leuwi Korsi. (E-001) ***