Pemkot Anggarkan 16 Miliar Untuk Perluasan Tpa

76

Kapasitas tempat pembuangan akhir sampah atawa t-p-a di kota sukabumi sudah hampir habis. oleh karena itu, pemerintah kota sukabumi akan mengucurkan anggaran sebesar enam belas miliar rupiah, untuk memperluas lahan t-p-a di cikundul, kota sukabumi.

Saat ini., daya tampung tempat pembuangan akhir sampah, atau tpa di wilayah cikundul, kecamatan lembursitu, kota sukabumi, sudah hampir habis, dan tersisa setidaknya seribu empat ratus meter persegi. padahal, setiap hari, volume sampah di kota sukabumi mencapai 171 meter persegi. dari jumlah tersebut, seratus ton sampah dibuang ke tpa cikundul, sisanya 71 ton dikelola masyarakat melalui bank sampah yang tersebar di beberapa wilayah. untuk mengatasi hal ini, pemkot sukabumi mengucurkan anggaran 16 miliar rupiah, untuk perluasan tanah di sekitar tempat pembuangan sampah yang ada.

kepala dinas lingkungan hidup kota sukabumi, adil budiman menjelaskan, lahan yang memungkinkan untuk perluasan di tpa tersebut setidaknya 25 hingga 35 hektar. namun, dirinya belum bisa memastikan anggaran itu mencukupi pembelian lahan atau tidak.

Dengan perluasan lahan di sekitar tempat pembuangan sampah, lahan tpa yang ada saat ini bisa bertahan sampai dua setengah tahun mendatang.

Budi setiawan, bandung tv.