Bawaslu Kbb Umumkan Dugaan Pelanggaran Pemilu

75

Sentra penegakan hukum terpadu atau gakkumdu kabupaten bandung barat, yang terdiri dari unsur kepolisian, panwaslu, hingga kejaksaan, akhirnya mengumumkan hasil pemeriksaan kasus dugaan pelanggaran pemilu oleh bupati bandung barat, aa umbara sutisna. menurut bawaslu, kasus tersebut tidak memenuhi unsur pidana pemilu.

Setelah dikaji dan dibahas selama 14 hari kerja sejak ada laporan dari pelapor, badan pengawas pemilu atau bawaslu bandung barat langsung memanggil 13 saksi dan dua orang ahli, untuk meminta keterangan. bukan hanya memanggil para saksi dan saksi ahli, bawaslu  pun menerima barang bukti berupa video baik yang utuh maupun hasil editan.

Namun, sentra gakumdu menilai, barang bukti itu tak memenuhi pasal yang disangkakan. hingga saat ini, video itu belum bisa dijadikan alat bukti, tapi hanya petunjuk.

Setelah membahas bersama kejaksaan dan kepolisian, bawaslu  menyimpulkan, kasus dugaan pelanggaran pemilu oleh bupati bandung barat, aa umbara sutisna, tak memenuhi unsur pidana pemilu.

Sebelumnya, sempat viral video bupati bandung barat, aa umbara sutisna, yang diduga tengah mengarahkan guru honorer, untuk memilih anak dan adiknya sebagai calon legislatif, tersebar ke pesan whats aap. dalam video berdurasi satu menit 22 detik tersebut, bupati bandung barat sedang mengenakan pakaian aparatur sipil negara. bupati bandung barat pun sempat dipanggil dan diperiksa bawaslu.

Algi muhammad gifari, bandung tv.