Pemberantasan Sarang Nyamuk Terus Dilakukan

64

Pemberantasan sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue atau d-b-d, terus dilakukan di kota cimahi. selain di aliran selokan, sarang jentik nyamuk ditemukan di bak mandi dan penampungan air. pemberantasan sarang nyamuk dilakukan, karena jumlah penderita dbd di kota cimahi terus bertambah hingga 77 kasus. bahkan, akibat dbd, dua orang korban meninggal dunia.

Dipimpin walikota cimahi, ajay m priatna, pemberantasan sarang nyamuk atau psn penyebab demam berdarah dengue atau dbd, dilakukan ke beberapa rumah warga di kelurahan pasiraliki, kecamatan cimahi utara, senin pagi. bersama sejumlah kader dan petugas dinas kesehatan, walikota menemukan sejumlah sarang jentik nyamuk.

Jentik nyamuk tersbeut berasal dari bak mandi, dan penampungan air lainnya seperti torn. selain itu, aliran selokan di pinggir rumah warga menimbulkan sarang nyamuk. sejumlah petugas dinas kesehatan juga menemukan sarang nyamuk lainnya, di beberapa titik termasuk ember dan pot bunga. penyemprotan dilakukan sejak pagi, untuk menghindari berkembangbiaknya jentik nyamuk. sebagai pencegahan dini, petugas memberikan obat ke dalam bak penampungan air warga. pemberantasan sarang nyamuk dilakukan, karena jumlah penderita demam berdarah dengue atau dbd di kota cimahi meningkat tajam.

Bahkan, laporan dari rw setempat, sudah ada dua orang yang meninggal dunia akibat terjangkit dbd di wilayahnya, dalam dua bulan terakhir. hingga akhir pekan lalu, pasien yang dirawat di rumah sakit umum daerah, rsud cibabat, kota cimahi berjumlah 59 orang. namun, senin ini, dinkes mencatat ada 77 pasien dbd yang dirawat di rumah sakit umum daerah atau rsud cibabat kota cimahi. pasien tak hanya berdomisili di cimahi, tapi juga berasal dari kabupaten bandung barat.

Memasuki periode januari, saat curah hujan tinggi, masyarakat diimbau waspada terhadap serangan penyakit ini, dengan tetap menjaga kebersihan di sekitar lingkungan. hal tersebut karena, kebersihan lingkungan mempengaruhi perkembangbiakan jentik nyamuk, sebagai pemicu dbd. demam berdarah diawali oleh suhu tubuh panas selama 5 hingga 7 hari, serta  mual dan muntah. sebagai pencegahan dini,  masyarakat harus melakukan program 3m, yaitu menguras bak mandi, menutup penampungan air dan mengubur barang, uuntuk memutus siklus hidup jentik nyamuk.

Algi muhammad ghifari, bandung tv.